Untuk Kembangkan Keunggulan, Prodi Bimbingan & Konseling FKIP UKI Lakukan Studi Banding

[Bandung, VoE FKIP UKI] Pengalaman menunjukkan bahwa setiap organisasi yang unggul senantiasa melakukan studi banding agar mengetahui kelebihan kompetitor dan mengejarnya melalui aktivitas sehari-hari. Menyadari hal ini, pada hari Jumat, 19 Februari 2016, Prodi Bimbingan & Konseling FKIP UKI melakukan studi banding ke Universitas Pendidikan Indonesia. Universitas yang berlokasi di Bandung Utara ini sengaja dipilih karena reputasi dan pengalamannya. Berbagai hal positif dan kelebihan lainnya yang dimiliki institusi tersebut diharapkan dapat dijadikan pembanding.

UPI1“Pada dasarnya studi banding ini kami fokuskan untuk memperluas wawasan kami dalam hal pengembangan Laboratorium Bimbingan dan Konseling. Kami ingin melihat bagaimana laboratorium digunakan untuk mendukung proses pembelajaran dan penelitian,” cetus Ronny Gunawan, M.Pd., Kaprodi Bimbingan & Konseling FKIP UKI. “Namun, pada saat yang sama, kami juga mencoba mempelajari kurikulum yang diterapkan oleh Prodi Bimbingan & Konseling UPI2UPI,” imbuh Pak Ronny.

Dalam kunjungan studi banding yang berlangsung sejak pukul 09:00 hingga 15:00 itu, rombongan Prodi Bimbingan & Konseling FKIP UKI, yang terdiri dari 24 orang dosen tetap dan pengurus Himpunan Mahasiswa Program studi (HMPS), diterima oleh dekan Fakultas Ilmu Pendidikan UPI. Setelah itu, rombongan diserahkan kepada Kepala Laboratorium BK UPI yang banyak memberikan penjelasan-penjelasan tentang pengelolaan dan instrumen yang dikembangkan di laboratorium tersebut oleh sivitas akademika BK UPI.

Seusai kegiatan studi banding, rombongan meninggal UPI dan bergerak ke Dusun Bambu Bandung, dengan tujuan melepas lelah dan sekaligus menjalin keakraban antara dosen dan mahasiswa. Melalui kegiatan keakraban itu terlihat kesatuan antara dosen dan mahasiswa yang tidak ada sekat dan jarak. Dengan pola hubungan seperti antar sahabat itu, tidak diragukan lagi proses pembelajaran di Prodi Bimbingan & Konseling FKIP UKI, yang diarahkan untuk mengembangkan mahasiswa sebagai pendidik unggul akan berlangsung kondusif dan efektif.

UPI3

“Saya sangat menikmati kunjungan studi banding ini. Wawasan nambah, keakraban dengan dosen dan teman-teman meningkat,” ujar salah satu peserta mahasiswa.

Author: fkipukijakarta

VoE (Voice of Educators) of FKIP UKI merupakan saluran berbagi berita, agenda, agenda dan ide tentang pendidikan dari sivitas akademika serta alumni FKIP UKI Jakarta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.