Untuk Bangun Jejaring dan Bikin Hebring, Prodi Fisika Lakukan Studi Banding

Setelah melalui proses pemilihan pengurus yang lumayan heboh, Pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Fisika FKIP UKI Periode 20017-2018 terbentuk. Agar dapat berkarya optimal dalam organisasi itu, para pengurus terpilih  berketetapan untuk melakukan studi banding ke HMPS sejenis yang sudah mapan, setelah melalui berbagai pertimbangan, studi banding dilakukan ke HMPS) Pendidikan Fisika Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Std Bdg 3Selama studi banding yang berlangsung pada hari Senin, 25 April 2016 ini, Pengurus HMPS Pendidikan Fisika FKIP UKI berbagi pengalaman dan ide dengan Pengurus HMPS Pendidikan Fisika UNNES. Pengelolaan kegiatan yang efektif, keorganisasian dan kegiatan-kegiatan lain yang terkait dengan kemahasiswaan merupakan topik-topik yang didiskusikan secara serius. Selain itu, pengurus kedua HMPS juga sepakat untuk saling bekerjasama dalam bidang pengembangan kegiatan kemahasiswaan Fisika, yang ditandai dengan penandatanganan MoU oleh ketua masing-masing HMPS.

Std Bdg 1Sekali mendayung, dua-tiga pulau terlampaui. Para dosen pendamping dari UKI juga memanfaatkan studi banding ini untuk berbagi pengalaman dengan para dosen Jurusan Fisika UNNES. Topik-topik yang didiskusikan mencakup kurikulum, kegiatan Tridharma, pengelolaan Laboratorium, Pengelolaan Jurnal dan layanan kepada mahasiswa. Karena Jurusan Fisika UNNES merupakan institusi yang sudah mapan, banyak sekali pengalaman yang dapat digali oleh dosen-dosen Prodi Pendidikan Fisika UKI dari institusi itu.

“Yang kami pelajari selama studi banding ini sangat memotivasi kami untuk berkarya seoptimal mungkin meningkatkan kemajuan Pendidikan Fisika FKIP UKI,” ucap Pak Taat Guswantoro, M.Si. penuh semangat. Kaprodi Pendidikan Fisika FKIP UKI yang memiliki panggilan akrab Pak Taat ini melanjutkan, “Pengalaman negara-negara maju membuktikan bahwa kemajuan mereka sangat ditopang oleh kemajuan Fisika. Hal ini sangat wajar, karena Fisika adalah salah satu pilar utama pengembangan teknologi.

Pak Taat memberi beberapa contoh. “Ketika minyak bumi semakin menipis, Fisika lah yang tampil di depan dalam upaya penyediaan enerji alternatif dan enerji terbarukan. Untuk mengatasi kemacetan lalu lintas, Fisika juga efektif diterapkan melalui hokum gelombang. Penemuan alat pendeteksi gempa dan tsunami juga tidak terlepas dari peran Fisika.”

“Oleh karena itu, Pendidikan Fisika FKIP UKI bertekad mendayagunakan semua sumberdaya yang dimiliki untuk menghasilkan guru-guru Fisika handal agar dapat membimbing fisikawan-fisikawan mumpuni di nusantara,” tegas Pak Taat.

Sam Poo KongUntuk mengimbangi suasana serius selama studi banding, rombongan Pengurus HMPS Pendidikan Fisika FKIP UKI dan para dosen pendamping mengunjungi beberapa destinasi wisata di Semarang. Destinasi pertama yang dikunjungi adalah Kuil Sam Poo Kong yang terletak tidak jauh dari UNNES. Setelah puas menikmati keindahan arsitektur China klasik dan megah Kuil Sam Poo Kong dan menggali sejarahnya, rombongan kembali ke penginapan.

Goa MariaEsok harinya, Selasa, 26 April 2016, rombongan menuju Goa Maria Kerep Ambarawa. Di lokasi ini terdapat patung raksasa Bunda Maria Asumpta yang menjulang tinggi. Dari tempat ini, rombongan menuju Pagoda Avalokitesvara, yang terletak di Komplek Vihara Budha Gaya. Wisata diakhiri dengan mengunjungi Lawang Sewu. Di sini terdapat bangunan peninggalan Belanda yang dahulu digunakan sebagai perkantoran kereta api. Saat ini bangunan itu digunakan sebagai museum perkereta apian Indonesia. Dari Lawang Sewu, rombongan kembali ke Jakarta dengan tekad menerapkan hal-hal baik yang digali selama studi banding demi kemajuan bersama di UKI. (VoE FKIP UKI)

Author: fkipukijakarta

VoE (Voice of Educators) of FKIP UKI merupakan saluran berbagi berita, agenda, agenda dan ide tentang pendidikan dari sivitas akademika serta alumni FKIP UKI Jakarta.

One thought on “Untuk Bangun Jejaring dan Bikin Hebring, Prodi Fisika Lakukan Studi Banding”

  1. Saya sangat senang menjadi Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika UKI. Alasannya, karena dibekali studi banding untuk menambah wawasan perkuliahan sekaligus memotivasi dalam peningkatan kinerja prodi.

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.