Merayakan Dies Natalis Pertama, Prodi Pendidikan Fisika Gelar “Physics Fun Week”

Jakarta, VoE FKIP UKI. Dalam rangka merayakan  Dies Natalis Pertama-nya, selama seminggu, Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UKI menyelenggarakan serangkaian kegiatan bernuansa Fisika. Selain diskusi antar sivitas akademika dan ibadah pengucapan syukur, dua kegiatan utama dari kegiatan berjudul Physics Fun Week itu adalah Lomba Cerdas Cermat Fisika Tingkat SMA Se-Jabodetabek dan Seminar Nasional bertajuk “Peran Sains dan Pendidikan Fisika dalam Menghadapi MEA”.

Fisika 1Seminar nasional yang diselenggarakan pada hari Rabu, 18 Mei 2016 di Ruang Seminar Lt.3, Kampus UKI, Cawang itu bertujuan membangkitkan minat anak bangsa untuk menggemari dan turut ambil bagian dalam perkembangan sains yang diperlukan untuk memajukan bangsa dan Negara. Topik-topik yang disajikan menguraikan sisi-sisi penting dan menarik dari fisika yang dibutuhkan untuk menyambut, mempersiapkan, dan mengembangkan potensi diri dalam menghadapi era kompetisi global, khususnya era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Dihadapan audiens yang terdiri dari siswa dan guru-guru dari berbagai SMA di Jakarta, mahasiswa, dosen, serta peserta umum, Manogari Sianturi, S.Si., M.T., Kaprodi Pendidikan Fisika FKIP UKI dalam sambutannya menekankan pentingnya bangsa Indonesia meningkatkan daya saing untuk menghadapi MEA. Sehubungan dengan itu, walau usianya baru setahun, Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UKI berupaya memberi kontribusi dan dorongan semangat kepada bangsa Indonesia untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Sesi pertama seminar, yang dimoderatori oleh Samuel Gideon, M.Si. menampilkan dua narasumber. Manogari Sianturi, S.Si., M.T. menyajikan topik tentang Program Studi Pendidikan Fisika UKI dan Posisi Indonesia di dunia dan ASEAN.  Narasumber kedua, Dr. Isnaeni, M.Sc. dari Pusat Penelitian Fisika Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyoroti topik Sains dan MEA. Dr. Isnaeni menekankan bahwa Indonesia masih terpuruk di bidang Matematika dan Sains. Akibatnya, Indonesia tidak dapat bersaing di bidang pengembangan teknologi hingga bangsa ini masih tergantung pada impor dan memiliki angka pengangguran yang tinggi.

Sesi kedua, yang menampilkan Dr. Ida Kaniawati (Universitas Pendidikan Indonesia Bandung) dan Dr. Muhammad Nur, DEA (Ahli Fisika Plasma) juga berlangsung sangat menarik.  Dr. Ida Kaniawati memaparkan materi tentang Peran Pendidikan Fisika dalam menghadapi MEA. Dr. Muhammad Nur, memberi pencerahan tentang “Berenterpreneur di era MEA”. Saking menariknya topik-topik yang disajikan, para peserta sangat antusias mengajukan pertanyaan maupun memberi pendapat kepada para narasumber.

Fisika-2Seusai seminar, acara dilanjutkan dengan Final Lomba Cerdas Cermat. “Babak penyisihan dan semi final lomba itu sendiri sudah diselenggarakan sejak beberapa hari sebelumnya. Babak final sengaja dilakukan setelah seminar karena hari itu merupakan puncak perayaan Dies Natalis Pertama kami,” terang Pak Kaprodi, Manogari Sianturi.

Berdasarkan penilaian para juri, para pemenang Lomba Cerdas Cermat Fisika Tingkat SMA se-Jabodetabek tersebut adalah sebagai berikut. SMA 53 Jakarta meraih Juara 1; SMA ST. Bellarminus Jakarta, Juara 2; dan SMA PSKD 7 Depok, Juara 3. Selamat kepada para pemenang!

Author: fkipukijakarta

VoE (Voice of Educators) of FKIP UKI merupakan saluran berbagi berita, agenda, agenda dan ide tentang pendidikan dari sivitas akademika serta alumni FKIP UKI Jakarta.

5 thoughts on “Merayakan Dies Natalis Pertama, Prodi Pendidikan Fisika Gelar “Physics Fun Week””

  1. Tanpa bermaksud mengesampingkan disiplin (ilmu) lainnya, Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi (MIPA) perlu digemari dan ditekuni anak bangsa. Ke empat bidang inilah modal dasar pengembangan sains dan teknologi. Sedangkan sains dan teknologi merupakan ujung tombak pembangunan bangsa. Jika generasi muda benar-benar ingin berbuat banyak untuk bangsa dan negara tercinta, beramai-ramailah menguasai dan menyebarluaskan MIPA. Menjadi pendidik (guru Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi) adalah salah satu cara yang efektif. Untuk menjawab tantangan Abad-21, yag dikenal dengan era Teknologi 4.0, membutuhkan Anda!

    Liked by 2 people

  2. Acara Physics Fun Week adalah Perayaan Pekan Fisika Terbaik se-Kopertis 3 DKI Jakarta #FisikaUKIJuara #FisikaUKIHebat #MajuFisikaUKI

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.