Mahasiswa PAK Belajar Siaran dan Pengelolaan Radio di RPK

Ditengah maraknya perkembangan industri televisi dan teknologi media sisial, radio ternyata masih tetap efektif sebagai media penyampaian informasi. Selain karena biaya akses yang relatif murah, radio mampu menjangkau banyak pendengar yang tersebar di berbagai tempat dengan kondisi geografis yang variatif. Tambahan lagi, radio sekarang sudah dihubungkan dengan internet menjasi siaran “streaming. Oleh sebab itu, radio tetap memiliki potensi besar, termasuk untuk digunakan sebagai media pembelajaran PAK.

RPK2Menyadari hal itu, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) PAK yang telah membina kerjasama dengan Biro Pemuda dan Remaja PGI sepakat untuk bertandang bersama ke Stasiun Radio Pelita Kasih (RPK) 96.3 FM yang berlokasi di Jalan Dewi Sartika, Jakarta timur. Tujuan kunjungan yang dilakukan pada Kamis, 11 Agustus 2016, ini adalah untuk mempelajari proses siaran dan berbagai pekerjaan serta posisi lainnya yang mendukung pengelolaan sebuah stasiun radio.

Selama berada di Stasiun RPK, secara berkelompok, mahasiswa diijinkan bergiliran memasuki, mengamati dan merasakan secara langsung suasana kerja penyiar, khususnya segmen radio kristiani. Mahasiswa juga diberi penjelasan tentang unit-unit pendukung dalam mengelola sebuah stasiun radio.

RPK1Terungkap bahwa keterampilan menulis dan berbicara wajib dikembangkan setiap orang yang ingin berkecimpung di dunia penyiaran radio. Mona, salah satu peserta rombongan mahasiswa menyatakan bahwa pengalaman selama beberapa jam di stasiun RPK itu benar-benar membuka wawasannya. “Dilihat dari kompetensi yang dibutuhkan, sangat mungkin bagi kami, mahasiswa PAK berkarir sebagai penyiar radio,” ujarnya seolah melihat alternatif profesi lain baginya tanpa menyianyiakan bidang PAK yang ditekuninya. “Pembelajaran PAK sangat mungkin dilakukan melalui media radio,” pungkasnya.

Rickson, mahasiswa lain, mengatakan, “Program-program HMPS PAK FKIP UKI memang keren! Bayangin  deh, dengan mengikuti kunjungan ini saya jadi tahu seluk beluk siaran dan mengelola stasiun radio. Selain itu, gue jadi nambah banyak temen dari Biro Pemuda dan Remaja PGI.”

10 respons untuk ‘Mahasiswa PAK Belajar Siaran dan Pengelolaan Radio di RPK

Add yours

  1. Kegiatan yg luar biasa! Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Teman bertambah, wawasan meluas, dan harapan di masa depan semakin besar.
    Super…!

    Disukai oleh 1 orang

  2. PAK bagi saya bukan hanya membicarakan sebuah ilmu diranah pendidikan saja tetapi saya di ajarkan untuk memiliki kreatifitas yang inovatif. Semangat dan tetap tingkatkan hard dan soft skillmu untuk menciptakan karya2 yang luar biasa dan tentunya karya Mu bisa menjadi berkat bagi banyak orang

    Suka

  3. Kegiatan yang sangat menyenangkan dan seru untuk di coba, untuk prodi PAK tetap maju dan semangat dalam melaksanakan setiap kegiatan untuk kemuliaan bagi nama Tuhan Yesus

    Suka

  4. Prodi PAK telah belajar di Radio RPK.
    Harapan balik dari saya pribadi. Prodi PAK menjadi tiang di radio UKI.
    Adek-adek di Prodi FKIP PAK UKI, ayo maju…. Buat programmu…. Berkarialah di radio UKI.
    Kami tunggu karyamu……!!!!!!

    Suka

  5. Maju terus untuk prodi PAK,semakin banyak kegiatan yang menarik sehingga memajukan prodi PAK
    Tetap semangat Tuhan Yesus memberkati

    Suka

  6. Mahasiswa jadi penyiar Radio dapat membantu memberitakan Injil dan Berita Keselamatan melalui Radio itu sangat bagus karena dapat mengembangkan Iman seseorang membantu orang lain memberi solusi dengan Media Radio

    Suka

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Blog di WordPress.com.

Atas ↑