Di Hari Sarjana Nasional, Prodi Kimia FKIP UKI Mengembangkan Kreativitas Siswa SMA

Jakarta, VoE of FKIP UKI. Bagi sebagian kalangan masyarakat, peringatan Hari Sarjana Nasional yang jatuh pada tanggal 29 September masih asing. Sebagian lagi, khususnya kalangan akademisi, memandangnya sebagai momen refleksi. Tapi Prodi Kimia FKIP UKI melakukan lompatan lebih tinggi, merayakan hari itu dengan menyelenggarakan lomba kreativitas pembuatan media pembelajaran Kimia antar siswa SMA.

Kimia 1Menurut Dr. Sumiyati, M.Pd., Kaprodi Pendidikan Kimia FKIP UKI, lomba kreativitas ini dilakukan melalui tiga tahapan. Di tahap pertama’ panitia menyebarluaskan informasi lomba ke berbagai SMA di DKI Jakarta dan Bekasi. “Tidak kurang dari 50 SMA yang kami kirimi undangan dan informasi lomba,” kata Kaprodi yang ramah dan akrab dipanggil “Bu Sumi” ini. Setelah itu, Tim Prodi Kimia FKIP UKI mengunjungi 31 SMA yang telah menyatakan berminat mengikutsertakan siswanya mengikuti lomba. Dalam kujnungan itu, Tim memberikan penjelasan serta mendemonstrasikan beberapa tipe media pembelajaran sebagai contoh untuk untuk dikembangkan peserta. Selama melakukan kunjungan, Tim langsung menerima pendaftaran dan biaya administrasi mengikuti lomba dari 18 kelompok yang berasal dari 12 sekolah. Hingga tiga hari menjelang perlombaan, panitia menerima pendaftaran dari 4 kelompok dari 3 sekolah lain.

Kimia 2Tahap ketiga adalah pelaksanaan lomba, yang dilaksanakan pada hari Jumat, 30 September 2016 di lobby Biro Keuangan UKI, Kampus Cawang. Peserta yang hadir terdiri dari 20 tim (1 tim terdiri dari 2-3 orang siswa) dari 14 sekolah, antara lain: SMA Advent Salemba, SMA Advent Ciracas, SMA Budhi Warman I, SMA Widya Manggala dan SMAN 22. Masing masing kelompok, secara bergiliran, diberi waktu 15 menit mendemonstrasikan dan menjelaskan media pembelajaran yang mereka buat. Berdasarkan penilaian dewan juri yang terdiri dari 3 orang akademisi bidang Pembelajaran Kimia, yang muncul sebagai pemenang adalah Tim Peserta dari SMA Budhi Warman (Juara 1), dengan judul media “Reaksi Hidrokarbon dan Hasilnya” Juara 2 diraih oleh Tim dari SMAN 22, dengan judul media: Pembelajaran: PROBON (Papan Reaksi Hidrokarbon). Juara 3 diraih oleh Tim Peserta dari SMA Advent Salemba, dengan judul media pembelajaran “Laju Reaksi”.

Kimia 3Tentang lomba ini, Ibu Sunengsih, salah satu guru pendamping yang sekaligus guru Kimia di sekolahnya mengatakan, “Lomba seperti ini sangat baik dilakukan berkelanjutan. Keikutsertaan siswa dalam lomba ini mendorong siswa untuk menguasai konsep kimia yang diperlukan untuk membuat media dan sekaligus mengasah kreativitas mereka untuk mendisain, menemukan bahan yang cocok, dan menyelesaikan pembuatan media.” Bapak Tumpal, guru pembimbing dari sekolah lainnya sepakat dengan pandangan Bu Sunengsih. Beliu menambahkan, “Media hasil kreasi yang dibuat siswa ternyata sangat membantu siswa lainnya untuk memahami konsep Kimia yang menjadi dasar pembuatan media itu. Kami sangat mendukung jika Prodi Pendidikan Kimia FKIP UKI menyelenggarakan lomba seperti ini secara rutin,” imbuh Pak tumpal.

kimia-4.jpg

Author: fkipukijakarta

VoE (Voice of Educators) of FKIP UKI merupakan saluran berbagi berita, agenda, agenda dan ide tentang pendidikan dari sivitas akademika serta alumni FKIP UKI Jakarta.

7 thoughts on “Di Hari Sarjana Nasional, Prodi Kimia FKIP UKI Mengembangkan Kreativitas Siswa SMA”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.