Prodi PAK FKIP UKI Gelar Pelatihan Mengajar Kreatif di GBI Maranatha

[Jakarta, VoE FKIP UKI] Darma ketiga perguruan tinggi, Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) sangat klop dengan Prodi PAK, karena salah satu hakikat Pendidikan Agama Kristen adalah pelayanan; dan pelayanan itu identik dengan pengabdian. Salah satu bentuk PkM yang dilakukan Prodi PAK FKIP UKI adalah pelatihan dan pembekalan guru-guru sekolah minggu di GBI Maranatha, Jl. Mundu, Jakarta Timur pada hari Sabtu 27 Mei 2017.

Maranatha2Kegiatan PkM bertajuk “Menjadi Guru Sekolah Minggu yang Maksimal Walau Dukungan Sarana Minimal”, dengan subtema “Metode dalam Bercerita dan Memimpin Pujian Kreatif di Sekolah Minggu” ini melibatkan dosen, mahasiswa dan alumni Prodi PAK.

Keterlibatan para alumni itu sangat diapresiasi oleh Pdt. Stepanus Daniel, Kaprodi PAK FKIP UKI. “Kami sangat bersyukur memiliki alumni-alumni yang peduli terhadap almamater. Banyak sekali kegiatan Prodi PAK FKIP UKI yang didukung oleh alumni, baik secara moril maupun materil,” pungkas Pak Kaprodi.

Kegiatan PkM ini diawali dengan ibadah singkat untuk memuji Tuhan dan meminta kekuatan dariNya. Ibadah itu juga efektif sebagai acara mempererat kebersamaan antara Tim PkM dengan guru-guru sekolah minggu.

Maranatha3Kegiatan pelatihan sendiri dimulai dengan pemaparan konsep-konsep yang terkait dengan sejarah dan perkembangan sekolah minggu. Acara ini difasilitasi oleh oleh beberapa mahasiswa dan Pdt. Dra. Esther Rela Intarti, M.Th., salah satu dosen Prodi PAK FKIP UKI.

Kegiatan inti, yakni pelatihan teknik-teknik kreatif dalam bercerita dan memimpin pujian di sekolah minggu dilakukan dalam kelompok-kelompok kecil. Didampingi oleh dua mahasiswa PAK, setiap kelompok belajar dan mempraktikkan teknik-teknik yang telah disiapkan panitia.  Masing-masing kelompok kemudian memperagakan hasil pelatihan masing-masing secara bergantian. Para narasumber dan sesama peserta kemudian memberi masukan dalam rangka meningkatkan keterampilan bersama.

Melalui kesan dan pesan yang mereka sampaikan sebelum kegiatan PkM ditutup, dua orang perwakilan peserta mengatakan bahwa mereka sangat menikmati dan bersyukur dapat mengikuti pelatihan sepanjang hari itu. Keterampilan-keterampilan yang baru mereka peroleh itu membuat mereka lebih bersemangat untuk melayani murid-murid sekolah minggu. “Terima kasih kepada mahasiswa dan dosen-dosen. Tuhan memberkati Prodi PAK FKIP UKI agar terus maju dan menjadi berkat”, ucap salah satu wakil peserta mengakhiri sambutannya.

Maranatha1

Author: fkipukijakarta

VoE (Voice of Educators) of FKIP UKI merupakan saluran berbagi berita, agenda, agenda dan ide tentang pendidikan dari sivitas akademika serta alumni FKIP UKI Jakarta.

11 thoughts on “Prodi PAK FKIP UKI Gelar Pelatihan Mengajar Kreatif di GBI Maranatha”

  1. Bravo Prodi Pendidikan Agama Kristen (PAK) FKIP UKI. Kiranya keinginan yg tinggi akan pengetahuan ttg Tuhan, ttg greja dan pengenalan akan Tuhan, semakin bertumbuh di hati para mhs kita di prodi PAK. Sebab dari jalan itulah kita akan memperokeh banyak kemajuan…Amin

    Like

    1. Sepakat sekali Pak.
      Dikala kita pahami dan bahkan kita yakini bahwa Dia adalah sumber jalan, keberatan, dan hidup, maka pencapaian bahkan kemajuan individual dan institutional tidak akan pernah bebas dari padaNya.
      🙏🙏🙏

      Like

  2. Saya bangga dengan Prodi Pak UKI. Kegiatan yang selama ini di lakukan oleh Prodi PAK, PKM, Retret Rohani, Pelatihan guru Sekolah minggu, Seminar untuk membangkitkan kembali semangat para guru di DKI, dan masih banyak yang lain.
    Semoga semua kegiatan yg di lakukan Prodi PAK menjadi kemuliaan bagi Tuhan. Biarlah Prodi PAK menjadi berkat kepada masiarakat seluruh Indonesia.
    Sebagai alumni PAK UKI, Berharap kegiatan ini berlanjut, dan adek-adek yg ada di Prodi PAK semakin Kreatif membawa perubahan semakin baik dalam Pendidikan.
    Akhir kata saya ucapkan terimakadih.

    Liked by 1 person

  3. PKM memberikan citra rasa yang luar biasa kepada mahasiswa/i PAK yang secara langsung bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. itu pula yang saya rasakan selama kuliah. PAK bukan hanya dibekali dengan pengetahuan akan nilai2 Kristiani tetapi juga PAK memberikan kesempatan untuk mahasiswanya baik dalam bersekutu, melayani dan bersaksi ditengah2 pelayanan di masyarakat.

    Like

  4. pengabdian kepada masyarakat yang menjadi kegiatan dari Prodi PAK semoga tetap dapat terlaksana, di berkati untuk menjadi berkat, di utus untuk melakukan pengutusan, di urapi untuk melakukan pekerjaan Tuhan

    Like

  5. Dengan kegiatan ini kita sebagai Mahasiswa dapat Melayani dan terjun langsung ke Masyarakat dan Membangkitkan kembali semangat para Guru Agama Kristen.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.