Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Gelar Karyawisata untuk Kembangkan Keterampilan Kolaborasi, Sosial dan Lintas Budaya

Cuaca pada hari Sabtu pagi 3 Juni 2017 sangat cerah di Taman Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur. Jam masih menunjukkan pukul 07:30, tapi suasana di salah satu saung telah ramai. Di saung ini sekitar 130 mahasiswa, dosen, dan alumni Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UKI akan menggelar karyawisata (fieldtrip).

Tentang acara ini, Dekan FKIP UKI, Bapak Parlindungan Pardede yang juga turut hadir menuturkan bahwa kegiatan ini dirancang sebagai salah bentuk pembelajaran dalam rangka mengembangkan keterampilan berkolaborasi, bersosialisasi, dan berlintas-budaya di kalangan mahasiswa.

Dengan mantap, Pak Dekan, dengan panggilan akrab Pak Parlin ini menjelaskan, “Untuk menjawab tantangan hidup di Abad-21, setiap individu tidak dapat mengandalkan pengetahuan saja tetapi juga berbagai keterampilan, yang biasanya digolongkan dalam tiga kelompok: keterampilan belajar dan berinovasi; literasi informasi, media dan teknologi; dan keterampilan hidup dan karir. Pentingnya perpaduan pengetahuan dan keterampilan-keterampilan itu terutama diakibatkan oleh semakin merasuknya teknologi secara masif ke dalam setiap sendi kehidupan. Kegiatan fieldtrip ini dirancang sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan keterampilan berkolaborasi, bersosialisasi, dan berlintas-budaya para mahasiswa”.

“Untuk menjawab tantangan hidup di Abad-21, setiap individu tidak dapat mengandalkan pengetahuan saja tetapi juga … keterampilan belajar dan berinovasi; literasi informasi, media dan teknologi; dan keterampilan hidup dan karir.”

Saniago Dakhi, M. Hum, dosen yang mengkoordinir kegiatan ini menambahkan bahwa kegiatan fieldtrip yang diberi tema “Sharing and Caring for Making Dreams Come True” ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa berkolaborasi, bersosialisasi, dan berlintas-budaya. Dalam kegiatan ini sengaja dilibatkan unsur mahasiswa, dosen dan alumni.

PP“Melalui acara-acara yang telah dirancang, seluruh peserta, khususnya mahasiswa, akan semakin kompak. Mereka akan semakin mampu berkomunikasi dan bekerjasama dengan sesama mahasiswa maupun dosen dan alumni. Kenyataan bahwa para mahasiswa dan dosen berasal dari berbagai suku bangsa dan berbeda usia merupakan kondisi yang baik untuk mengembangkan kemahiran berlintas-budaya dan komunikasi lintas generasi. Para dosen dan Pimpinan Program Studi dapat menampung ide, masukan, dan saran dari mahasiswa serta alumni. Sedangkan para alumni dapat menggalang kerjasama dengan almamater dalam program pengembangan profesionalisme mereka. Satu hal penting lainnya, kegiatan ini diorganisir mahasiswa. Para dosen hanya sebagai fasilitator,” Pak Saniago menambahkan.

Tepat pukul 08:00 acara dimulai dengan ibadah yang di dalamnya Pak Parlin ditugaskan sebagai pembawa renungan. Berdasarkan nats Ibrani 10:24-25 yang memerintahkan agar umat Tuhan  saling memperhatikan, saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik,  serta saling menasihati, Pak Parlin menuturkan bahwa sejak awal Tuhan mendisain manusia bukan untuk hidup sensiri, tetapi sebagai mahluk sosial. Dalam Kejadian 2:18 dinyatakan, “Tidak baik kalau manusia itu seorang diri saja.” Peristiwa ketika empat orang menurunkan seorang yang lumpuh dari atap agar dapat tiba ke hadapan Yesus dan disembuhkan. Ketika Yesus akan membangkitkan Lazarus, Dia terlebih dahulu meminta kerjasama beberapa orang untuk menggulingkan batu penutup pintu makam. Ada banyak kisah yang mempertegas betapa luar biasanya dampak sebuah teamwork.

Jemaat“Agar sukses dalam pengertian yang sebenarnya, kita harus saling isi, membangun jejaring, dan membentuk teamwork yang solid, baik dengan sesama maupun dengan Tuhan”, tandas Pak Parlin.

Dalam sambutan yang dilakukan seusai ibadah, Bapak Horas Hutabarat, M. Hum., Kaprodi  Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UKI mengingatkan para mahasiswa untuk selalu gigih belajar, agar hasilnya benar-benar menjadi modal yang kuat untuk berkiprah di masyarakat. Jadikan perkuliahanmu sebagai perwujudan iman kepada Tuhan. Kepada para alumni beliau berpesan agar mereka selalu dengan penuh kasih berkarya di dunia kerja masing-masing dan selaluingat pada Prodi Pendidikan Bahasa Inggris,  sebagai almamater. Bentuk penghargaan kepada almamater bisa dilakukan melalui partisipasi dalam segala bentuk kegiatan prodi, khususnya melalui penyediaan informasi tentang lowongan kerja kepada adik-adik kelas yang membutuhkannya.

KeakrabanAcara kemudian dilanjutkan dengan menggelar berbagai lomba berkelompok yang pada dasarnya diarahkan untuk membangun sinergi dan semangat teamwork. Acara ditutup pada pukul 16.00 dengan menyanyikan lagu pujian dan memanjatkan doa bersama.

“Saya sangat senang mengikuti acara field trip ini. Harapan kami kegiatan serupa dilakukan berkelanjutan” pesan Clara, salah satu perserta. Reggy, seorang peserta lain menambahkan, “pasti lebih seru dan berkesan jika field trip di tahun tahun mendatang dilaksanakan di luar kota Jakarta”.

Dewi, salah satu alumni, dengan nada haru mengatakan, “Sangat senang bisa bertemu kembali dengan Bapak/Ibu dosen saya yang hebat-hebat, inspiratif dan selalu peduli serta melayani. Pengalaman saya di dunia kerja dan hidup bermasyarakat membuktikan didikan dan inspirasi yang mereka berikan sangat menolong saya dalam menghadapi tantangan maupun menyelesaikan masalah. Maju terus, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UKI! Tetaplah melayani, bukan dilayani!” (VoE FKIP UKI)

“Sangat senang bisa bertemu kembali dengan Bapak/Ibu dosen saya yang hebat-hebat, inspiratif dan selalu peduli serta melayani. Pengalaman saya di dunia kerja dan hidup bermasyarakat membuktikan didikan dan inspirasi yang mereka berikan sangat menolong saya dalam menghadapi tantangan maupun menyelesaikan masalah.”

 

Author: fkipukijakarta

VoE (Voice of Educators) of FKIP UKI merupakan saluran berbagi berita, agenda, agenda dan ide tentang pendidikan dari sivitas akademika serta alumni FKIP UKI Jakarta.

16 thoughts on “Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Gelar Karyawisata untuk Kembangkan Keterampilan Kolaborasi, Sosial dan Lintas Budaya”

  1. Setuju, Pak Parlin. Pengetahuan saja tidak cukup untuk bersaing di era digital saat ini. IPK tinggi diperlukan, tapi tidak memadai. Kreativitas dan inovasi; literasi informasi, media dan teknologi; dan keterampilan hidup dan karir harus dikembangkan. Senang mendengar FKIP UKI sudah melakukan konsep ini.
    Salam buat seluruh dosen Pend. Bhs. inggris dari seorang alumni angkatan 2003.

    Liked by 3 people

  2. My impression in this activity is very exciting and useful. In addition to fun activities and cool game events, we as a junior can meet also get acquainted with alumni and share information the world of work. Hopefully this activity will be held again. 🙂

    Liked by 1 person

  3. this event so interesting, i really enjoyed this so much. we can know our senior , and sharing about their experience when they’re being a student in UKI. i hope there will be another fieldtrip .

    Like

  4. Acara seperti ini sangatlah penting bagi setiap program studi, dimana disini terjadi interaksi antara mahasiswa dengan mahasiswa lainnya, dan juga dengan alumni-alumni nya terlebih dengan dosen-dosennya. Dan pada saat acara ini, kita juga diajarkan untuk mengetahui bahwa pengetahuan tidak cukup untuk menuju kesuksesan, tetapi disini diajarkan kita harus menjadi orang-orang yang kreatif dan juga inovatif agar menjadi seseorang yang sukses dalam segala hal.

    Like

  5. Berharap kenangan ini dapat berulang kembali. Saya sendiri sangat merasakan manfaat dari acara ini, membuat senior dapat sharing dengan junior tentang lapangan kerja seorang Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris

    Like

  6. acara field trip ini sebagai suatu acara yang menyenangkan karena, dengannya ada acara ini membuat mahasiswa lebih saling mengenal senior dan junior maupun sebaliknya, namun bukan hanya itu mahasiswa diajak untuk menjadi krestivitas .

    Liked by 1 person

  7. Acara kayak gini bagus banget!! Selain bisa menambah kearaban dengan senior senior kita yang lain, kita juga bisa lebih mengenal dan dekat dengan dosen kita. Games yg ada juga seru bangeettt, kreatif dan asik. Pokoknya bener bener ga mengecewakan, acara kayak gini harus ada terus, salah satu acara yg sangat penting keberadaannya di prodi bahasa inggris.

    Liked by 1 person

  8. saya harap kegiatan seperti ini bisa menjadi rutinitas untuk prodi kita, prodi bahasa inggris, agar terjalin relasi yang lebih lebih dekat lagi antara senior/junio dan juga bapak/ibu dosen.

    Like

  9. Acara ini sangat baik dilakukan, untuk mempererat hubungan antar mahasiswa, satu dgn yg lain. Rangkaian acara yg seru2 membuat peserta excited utk mengikutinya. Dan waktu untuk bersosialisasi dgn yg lain sangat baik, namun lebih baik lagi kalau dilakukan dalam 2 atau 3 hari hehehe agar hubungan mahasiswa satu angkatan dgn angkatan lain semakin terjalin. Apalagi yg mengikuti kegiatan ini bkn cuma mahasiswa reguler, tp jg yg eksekutif. Dengan penatnya akan kegiatan sehari2 yaitu belajar, acara ini sangat baik dilakukan. Karna selain melakukan kegiatan akademisi, kegiatan sosial jg sangat diperlukan utk membangun jiwa sosial mahasiswa yg penting di masa yg mendatang.

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.