Prodi Kimia FKIP UKI Gelar Kuliah Umum Pengembangan Kreativitas dan Inovasi

Kimia, seminar2[Jakarta, VoE FKIP UKI] “Hanya dengan pengetahuan saja, sebanyak apapun itu, tidak dapat mendukung kemajuan seseorang di Abad-21. Kreativitas dan inovasi merupakan kunci keberhasilan di era teknologi saat ini.  Sehubungan dengan itu, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UKI secara terrencana terus memfasilitasi mahasiswa mengembangkan kreativitas masing-masing. Kuliah umum ini adalah salah satu upaya untuk mendorong mahasiswa menjadi insan yang kreatif dan inovatif,” ujar Dr Sumiyati, M.Pd., Ketua Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP UKI ketika membuka Kuliah Umum bertema “Kreativitas Mahasiswa” yang dilangsungkan selama dua, pada tanggal 6 dan 10 Juli 2017 di ruang video conference lantai 2, Gedung AB, Kampus UKI Cawang.

Di hari pertama Sabar Pangihutan Simanungkalit, M.T., peneliti muda bidang Teknologi Bionergi di Pusat Penelitian Kimia, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Kawasan Puspitek, Serpong tampil sebagai narasumber. Alumni Fakultas Teknik UKI ini memaparkan materi tentang “Peningkatan Iklim Akademik Melalui Penelitian dalam Rangka Peningkatan Kualitas Mahasiswa”. Beliau mengawali paparannya dengan bertanya kepada peserta yang hadir, “Penelitian dan kreativitas, apa hubungannya?”

Beberapa peserta berupaya menjawab. Pak Sabar kemudian menyimpulkan beragam jawaban, “Hubungan penelitian dan kreativitas sangat dekat. Penelitian harus dilakukan secara kreatif, dan kreativitas bisa dikembangkan dengan meneliti. Caranya? Cintai apa yg kalian kerjakan sekarang. Kalian tidak akan kreatif kalau kalian tidak mencintai tugas dan kewajiban kalian,” jelas Pak Sabar.

Beliau juga berharap melalui pertemuan seperti ini, UKI dan LIPI bisa bekerja sama di hari-hari mendatang. “Salah satu bentuknya adalah LIPI membuka kesempatan magang bagi para mahasiswa UKI untuk melakukan penelitian,” cetus beliau.

Sesi pada hari kedua tak kalah menarik. Drs. Mudjiarto, M.Sc, narasumber yang dihadirkan, adalah Reviewer Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PMK-K) di Kopertis Wilayah III. Sebelum Pak Mudjiarto menyajikan materinya, dalam sesi pembukaan, Ibu Nova Irawati Simatupang, M.Pd., mewakili Kaprodi Pendidikan Kimia, menyampaikan harapannya agar para mahasiswa bisa lebih bersemangat dan dapat belajar sebanyak-banyaknya dari narasumber.

“Kami sangat berharap kehadiran Bapak bisa memberikan semangat baru, khususnya bagi mahasiswa Prodi Kimia untuk turut serta berkompetisi dalam PKM-K. Jika mahasiswa sudah menekuni PKM-K, kebiasaan nongkrong-nongkrong di kantin akan ditinggalkan. Untuk adik-adik mahasiswa, manfaatkan dan galilah informasi sebanyak-banyknya,” tutur Bu Nova.

Melalui materi berjudul “Pengembangan Program Kreativitas Mahasiswa Menuju Program Studi Unggulan”, Pak Mudjiarto menjelaskan bahwa saat  ini PKM sangat penting bagi mahasiswa, masyarakat, dan Perguruan Tinggi. Program ini merupakan bagian langsung dari Tridarma Perguruan Tinggi. Pemerintah melalui KOPERTIS menyediakan dana berupa Hibah untuk kompetisi bisnis mahasiswa.

“Konsep dasar PKM adalah kreativitas dan inovasi, meningkatkan kerja sama tim, dan menumbuhkan sikap positif. Untuk memperoleh kesempatan seperti ini, coba adik-adik ajukan proposal,” ucap Pak Mudjiarto.

Beliau juga mengingatkan bahwa kualitas kegiatan mahasiswa merupakan salah satu indikator penilaian rangking perguruan tinggi, selain kualitas SDM dan kualitas penelitian. Oleh karena itu, kegiatan mahasiswa sangat penting. Selanjutnya, Pak Mudjiarto memaparkan langkah-langkah penyiapan hingga penyusunan proposal sesuai standar yang ditetapkan oleh Kopertis Wilayah III. Dengan menerapkan langkah-langkah itu, para mahasiswa diharapkan dapat mengajukan proposal yang berkualitas.

 

kuliah-umum.jpg

Author: fkipukijakarta

VoE (Voice of Educators) of FKIP UKI merupakan saluran berbagi berita, agenda, agenda dan ide tentang pendidikan dari sivitas akademika serta alumni FKIP UKI Jakarta.

7 thoughts on “Prodi Kimia FKIP UKI Gelar Kuliah Umum Pengembangan Kreativitas dan Inovasi”

  1. Kegiatan yang menambah wawasan, sehingga menjadi mahasiswa yang berguna bagi Negara Indonesia
    Maju Terus KIMIA UKI

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.