Mahasiswa Prodi Kimia Layani Siswa SMA melalui Program “Roadshow to School”

[Jakarta, VoE FKIP UKI] Sebagai lembaga kemahasiswaan yang mengelola program pengembangan kemahasiswaan di tingkat program studi, HMPS  Prodi Kimia telah menetapkan untuk menyelenggarakan kegiatan Roadshow to School dua kali setahun.  Tujuannya adalah untuk mengembangkan kompetensi akademik, “soft skills” dan sekaligus pengabdian dalam diri mahasiswa. Walaupun kegiatan inti program ini bersifat akademik, proses persiapan hingga pelaksanaannya membutuhkan keterampilan berkomunikasi, manajemen dan kepemimpinan. Program ini murni dirancang, dipersiapkan, dan dilaksanakan oleh pengurus HMPS Prodi Kimia.

2“Aktivitas inti kegiatan ini adalah interaksi dengan guru Kimia, kesempatan mengamati proses pembelajaran Kimia di kelas maupun di laboratorium, dan kesempatan mengajarkan Kimia di kelas. Singkatnya, kami berkesempatan mempelajari pendidikan kimia di kelas nyata. Pengalaman ini tentu akan membuat kami lebih siap melaksanakan praktik lapangan di semester berikut. Selain itu, kegiatan ini kami lakukan sebagai salah satu bentuk pelayanan kepada adik-adik siswa SMA. Kami yakin, jika kami melakukan pembelajaran di kelas dengan benar, adik-adik di kelas itu akan memperoleh manfaat tertentu.”  Jeane Angelica Regiana, Ketua HMPS Pendidikan Kimia, menjelaskan.

1Kegiatan ““Roadshow to School” Semester Ganjil 2017-2018 dilaksanakan pada tanggal 13 dan 15 oktober 2017 di SMAN 9, yang berlokasi di daerah Halim, Jakarta Timut.. Selama dua hari itu, sejak 06.30—15:00 kelompok mahasiswa Semester V yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut mempelajari banyak hal. RPP, materi pelajaran dan media pembelajaran Kimia yang telah disdiskusikan sebelumnya dengan guru sudah disiapkan.

Setiap mahasiswa, dalam team teaching, diberi kesempatan mengajar dua kali. Meskipun kegiatan ini merupakan pengalaman pertama bagi kebanyakan mahasiswa mengajar di kelas nyata, secara umum semua berjalan baik dan lancar.

6“Hal ini terlihat dari antusiasme siswa Kelas X yang kami ajari. Mereka memberi perhatian penuh dan aktif memberi tanggapan ataupun mengajukan pertanyaan. Guru Kimia yang memfasilitasi kami mengatakan bahwa penguasaan topik yang kami ajarkan, penggunaan media yang sesuai, dan sikap bersahabat yang ditunjukkan kepada siswa membuat kegiatan mengajar kami berjalan dengan baik,” papar Jeane.

“Pengalaman ini mendorong kami untuk bersyukur memiliki dosen-dosen berkomitmen dan berkompetensi tinggi yang membimbing kami di Prodi Kimia FKIP UKI. Walaupun masih di Semester V ternyata kami sudah lumayan bisa melakukan tugas sebagai guru Kimia, walaupun hanya untuk dua sesi pembelajaran,” pungkas Jeane mengakhiri penjelasannya.

8

 

Author: fkipukijakarta

VoE (Voice of Educators) of FKIP UKI merupakan saluran berbagi berita, agenda, agenda dan ide tentang pendidikan dari sivitas akademika serta alumni FKIP UKI Jakarta.

6 thoughts on “Mahasiswa Prodi Kimia Layani Siswa SMA melalui Program “Roadshow to School””

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.