Teliti Tumbuhan Obat dan Bahan Pangan, Prodi Pendidikan Biologi FKIP UKI Jelajahi Nusantara

 

[Jakarta, VoE FKIP UKI] Pada hari Jumat, 20 Oktober 2017 yang cerah itu, Redaksi VoE FKIP UKI berkesempatan berbincang dengan Dr. Marina Silalahi, M.Si., Dosen Prodi Pendidikan Biologi FKIP UKI yang dipercaya memimpin pendidikan dan penelitian di Bidang Keanekaragam Hayati Tropis dan Lingkungan. Janjian bertemu ini dilakukan untuk mendengarkan pengalaman dosen yang akrab dipanggil Bu Marina ini selama seminggu lebih menjelajahi beberapa daerah di Kecamatan Worowalu, Ende.

Brastagi3Dengan fasih, Bu Marina menuturkan bahwa letak daerah-daerah di Nusantara sangat beragam. Ada wilayah  di dataran rendah, banyak pula di dataran sedang dan tinggi. Nusantara juga dikaruniai iklim tropis dan curah hujan rata-rata tinggi sepanjang tahun. Semua itu membuat Indonesia kaya dengan beragam tumbuhan. Keanekaragaman tumbuhan itu otomatis menyediakan beragam senyawa kimia maupun karbohidrat, protein dan vitamin nabati yang terkandung di dalamnya.

Brastagi5“Dengan demikian, tanah air kita sebenarnya menyediakan banyak sekali tanaman obat dan pangan. Di semua daerah, sejak dulu masyarakat Indonesia telah melakukan pengobatan secara tradisional dengan memanfaatkan berbagai tanaman obat baik tunggal maupun ramuan. Yang digunakan sebagai obat itu bisa berupa daun, batang, buah, bunga dan akar. Hingga saat ini sudah teridentifikasi lebih dari 1000 jenis tanaman, dan baru sekitar 25% yang dibudidayakan. Yang 75% masih tumbuh liar di hutan,” lanjut Bu Marina.

Brastagi1Dosen dan mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi FKIP UKI yang tertarik menggeluti penelitian keanekaragam hayati tropis dan lingkungan mengidentifikasi jenis-jenis tanaman obat dan pangan di daerah tertentu. Hasil-hasil penelitian itu sangat perlu bagi pelestarian, pemanfaatan dan pengembangan tetumbuhan itu.

Kecamatan Worowalu yang baru dikunjungi hanyalah salah satu daerah yang diteliti. Sebelumnya, beberapa dosen dan mahasiswa telah menjelajahi berbagai wilayah di Sumatera Utara, Mentawai, Flores, dan Kalimantan. Untuk mempermudah proses penelitian, mahasiswa biasanya meneliti keanekaragam hayati tropis dan lingkungan di daerah asal masing-masing. Karena mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi berasal dari berbagai daerah di Indonesia, mulai Sabang sampai Merauke, kesempatan untuk memperoleh informasi dari banyak wilayah menjadi terbuka.

Brastagi7“Pendidikan dan penelitian Keanekaragam Hayati Tropis dan Lingkungan kami didukung Dirjen Dikti dan Yayasan Universitas Kristen Indonesia (YUKI). Kalau ditotal, dana bantuan tiga tahun belakangan jumlahnya mencapai 500 juta rupiah. Hasil-hasil penelitian tersebut telah dipublikasikan di berbagai jurnal nasional dan internasional seperti Pro Life, Journal of Ethopharmacology, dan Jurnal Biodiversitas,” tutur Bu Marina.

Brastagi4Ketika ditanyakan, apakah menjelajah berbagai daerah tidak melelahkan, Bu Marina menjawab sambil tertawa, “Ha…ha…. Ya, nggak lah. Malah sangat asyik. Kami meneliti sambil jalan-jalan. Penelitian seperti ini kan dilakukan di berbagai tempat. Selain pasar, kami juga menjelajahi kebun, pekarangan, hutan, lembah, dan gunung. Kami juga berinteraksi dengan banyak orang dari berbagai latar belakang budaya.”

Brastagi8“Dan jangan lupa, lho, tiap wilayah di negara kita memiliki keindahan alam masing-masing. Coba bayangkan, kita meneliti sambil menjelajah dan bertualang. Asyik, bukan? Semua mahasiswa dan mahasiswi kami sangat enjoy. Kadang mereka nggak sabaran nunggu jadual meneliti ke daerah daerah, karena di situ ada petualangan, selain kegiatan ilmiah!” ungkap Bu Marina sambal memperlihatkan beberapa foto ketika timnya meneliti di pasar, kebun, dan hutan di berbagai daerah.

Mendengar penjelasan itu, redaksi VoE FKIP UKI berkata dalam hati, “Wah…seandainya gue mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi, … pasti seru!. Asyik bingit bisa ngejelajahin banyak tempat, meneliti sambil berdarmawisata dan bertualang.”

Author: fkipukijakarta

VoE (Voice of Educators) of FKIP UKI merupakan saluran berbagi berita, agenda, agenda dan ide tentang pendidikan dari sivitas akademika serta alumni FKIP UKI Jakarta.

23 thoughts on “Teliti Tumbuhan Obat dan Bahan Pangan, Prodi Pendidikan Biologi FKIP UKI Jelajahi Nusantara”

  1. Prodi Pendidikan Biologi FKIP UKI sudah memiliki pondasi dan pengalaman membangun diri sebagai salah satu pusat penelitian tumbuhan obat dan pangan di negara ini. Semoga semakin banyak mahasiswa dan dosen yang berkomitmen meneruskan upaya tersebut. Negara kita yang subur dan sangat kaya dengan tumbuhan untuk diteliti menanti sentuhan banyak sekali generasi muda untuk mewujudkan Indosesia sebagai pusat obat dan pangan dunia. Tak diragukan lagi, bergabung dengan Prodi Pendidikan Biologi FKIP UKI menjamin karir dan kesempatan sangat prospektif untuk mengabdi kepada Indonesia dan dunia!.

    Liked by 1 person

  2. Media pembelajaran yang diberikan pak Saniago sudah menggunakan teknologi, seperti mendengarkan musik dengan melengkapi lirik pada kertas yang sudah di bagikan kepada mahasiswa sebelumya, mencari beberapa buah dan tumbuhan yang ada disekutar dan mencari nama latin dan menerjemahkannya kedalam bahasa Inggris selanjutnya kami presentasikan di kelas menggunakan OHV.
    Dan sekarang kami juga telah membuat vidio dan ini merupakan tugas dari bapak Saniago.
    https://saniagodakhi.wordpress.com
    Jadi, untuk Bapak/Ibu, abang, kakak, dan teman-teman semuanya dapat melihatnya dengan membuka link yang sudah saya buat di kolom website.
    Mohon maaf jika ada kesalahan, dan terima kasih.

    Liked by 1 person

  3. Media pembelajaran dari Bapak Saniago Dakhi menggunakan OHP(over head projektor), kami mencari sendiri tanaman yang ingin kami presentasikan, belajar sendiri makna katanya dalam bahasa inggris dan bahasa indonesia, tetapi masih dalam arahan Bapak Saniago. Dibawah ini terdapat link video tentang tanaman patah tulang. Video tersebut untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah Bahasa Inggris dari Bapak Saniago Dakhi.
    https://saniagodakhi.wordpress.com

    Liked by 1 person

  4. Media pembelajaran dari Bapak Saniago Dakhi menggunakan OHP(Over Head Projektor)dimana kami memilih tanaman yang kami inginkan,mengetahui nama tanaman tersebut dalam bahasa inggris dan bahasa latin tetapi masih dalam pengarahan bapak Saniago tidak hanya itu kami juga menjadi belajar menjelaskan manfaat dan morfologi tanaman tersebut menggunakan bahasa inggris.
    Media pembelajaran seperti ini dapat dilihat dalam tugas video saya.Video ini berisi penjelasan mengenai manfaat dan morfologi jeruk nipis dalam bahasa inggris.

    Tugas ini diberikan oleh Bapak Saniago Dakhi. http://Saniagodakhi.wordpress.com

    Like

  5. Media pembelajaran yang selama ini digunakan oleh pak Saniago Dakhi adalah media yang sudah sering digunakan. Semua pembelajaran selalu dikaitkan dengan biologi. Kami disuruh membuat video yang mana video itu berisikan tentang tanaman dan mamfaatnya yang kemudian dijelaskan dengan menggunakan bahasa inggris. Sehingga dengan begitu pembelajaran pun dapat berjalan dengan baik karna adanya keterkaitan antara biologi sebagai jurusan dan bahasa inggris.
    Saniagodakhi.wordpress.com

    Like

  6. Saya dari prodi Biologi angkatan 2017 kami ditugaskan membuat video tentang tanaman dalam bahasa inggris, selama kami belajar bahasa inggris banyak hal yang kami pelajari yang diajarkan Bapak Santiago terimah kasih pak atas ilmunya semoga ilmu yang kami dapat bisa berguna bagi nusa dan bangsa supaya kami kelak bisa menjadi seorang dosen Amin

    Like

    1. Saya prodi Biologi angkatan 2017 kami ditugaskan membuat video tentang tumbuhan dalam bahasa inggris, selama saya belajar bahasa inggris di semester 2 banyak hal yang kami pelajarin terimah kasih pak Saniago atas ilmunya semoga ilmu yang Bapak ajarkan kepada kami bisa berguna bagi nusa dan bangsa supaya kami kelak bisa penerus generasi bangsa ini Amin

      Liked by 1 person

  7. Maju terus prodi pendidikan biologi fkip uki. Saya rita mahasiswa semester 6 angkatan 2015 prodi pendidikan biologi sangat bangga sekali bisa masuk prodi pendidikan biologi fkip uki. Banyak pengalaman dan ilmu yang saya dapat dari prodi pendidikan biologi. GBU

    Like

  8. Saya selaku mahasiswi prodi pendidikan biologi uki sangat mendukung setiap kegiatan yang di lakukan prodi biologi uki dalam melestarikan dan membudidayakan tanaman. lewat mata kuliah bahasa inggris biologi 1 , saya dapat belajar tentang tumbuhan dan mengetahui lebih banyak lagi dengan bahasa inggris . Ini adalah sebuah video yang ditugaskan pak saniago kepada kami dalam memenuhi nilai akhir semester . kami diminta memilih satu tanaman dan menjelaskannya menggunakan bahasa inggris . berikut video saya

    http://Saniagodakhi.wordpress.com

    Like

  9. mantap biologi fkip uki
    semoga ini jadi contoh untuk membangun rasa keingin tahuan mahasiswa biologi fkip uki terhadap keanekaragaman tumbuhan nusantara

    Like

  10. Bu Marina hebat 😊
    Semangat Biologi FKIP UKI, semoga ini menjadi contoh bagi kita semua untuk membangun rasa keingintahuan kita terhadap keanekaragaman tumbuhan yang ada di Nusantara.
    Ini salah satu contoh mengapa saya tertarik dengan prodi Biologi FKIP UKI, diajarkan cinta terhadap lingkungan.

    Like

  11. Saya mahasiswa Prodi Biologi angkatan 17 merasa sudah puas dengan pengajaran yang diberikan bapak Saniago. Karena pembelajaran yang dilakukan tidak membosankan dan menggunakan model pembelajaran yang lebih mengarahkan kami menggunakan teknologi yang tren pada saat ini. Salah satu contohnya mengarahkan kami untuk membuat blog pribadi untuk keperluan mendeskripsikan tanaman dengan menggunakan bahasa inggris. Tugas ini diberikan untuk memenuhi tugas akhir semester kami. Di bawah ini link dari video saya. Terimakasih.

    http://saniagodakhi.wordpress.com/

    Like

  12. Bu Marina terbaik!! Maju terus FKIP Biologi!! Bangga akan FKIP Biologi
    Saya sebagai salah satu mahasiswa FKIP Biologi angkatan 2017 mempelajari mata kuliah Inggris Biologi yang diajarkan oleh Bpk Saniago Dakhi. Pembelajaran sangat interaktif, menggunakan teknologi masa kini yaitu OHP, serta para mahasiswa dibimbing membuat sebuah blog berisi tentang video mahasiswa yang mendeskripsi tumbuhan menggunakan bahasa inggris.
    Kiranya Ibu/Bapak/Abang/Kakak dan saudara sekalian dapat melihat blog saya
    https://keniapujianto.blogspot.com/?m=1

    Berikut pembimbing dalam mata kuliah Inggris Biologi
    http://saniagodakhi.wordpress.com/

    Like

  13. Semangat terus untuk bu marina..

    saya sebagai salah satu mahasiswi FKIP Biologi angkatan 2017 bangga dan mencintai media pembelajaran di FKIP Biologi UKI tidak hanya dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Latin melainkan dengan Bahasa Ingggris, saya mempelajari mata kuliah Bahasa Inggris-Biologi yang diajarkan oleh Bapak Saniago Dakhi (https://saniagodakhi.wordpress.com). Selain suasana kelas yang saling aktif, kami dibimbing untuk membuat tugas dengan membuat blog yang berisi tentang video mahasiswi yang memperkenalkan tumbuhan dalam Bahasa Inggris . Kiranya Bapak/Ibu dan saudara/I mau memberikan waktu untuk melihat video yang telah kami buat di link berikut https://youtu.be/59DqJCuOaSU . Terimakasih…..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.