Kimia itu Asyik dan Menarik

Jakarta, VoE of FKIP UKI. Tidak sedikit siswa yang menganggap Kimia sebagai pelajaran yang membosankan dan sulit dikuasai. Tapi Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UKI membuktikan Kimia itu asyik, menarik dan tidak sulit dikuasai. Caranya? “Tumbuhkan minat dan rangsang  pikiran, perasaan dan imajinasi peserta didik dengan menunjukkan bahwa kimia adalah bagian dari kehidupan sehari-hari”, ibu Familia Novita Simanjuntak, M. Si., salah seorang staff dosen Pendidikan Kimia FKIP UKI, menjelaskan ketika diwawancara sehubungan dengan penyelenggaraan penyuluhan/sosialisasi tentang Kimia Anorganik. Kimia-1

Kegiatan penyuluhan yang dilaksanakan sebagai bagian dari aktivitas perkuliahan Kimia Anorganik 1 di Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UKI ini diselenggarakan di SMP Mutiara Baru Bekasi (13 Juni 2017) dan di SMA PSKD VI Depok, Jawa Barat (14 Juni 2017). Selama dua hari itu, mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Kimia Anorganik 1 ditugaskan memberikan penjelasan tentang proses kimia yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari kepada siswa di kedua sekolah tersebut. Tingginya antusiasme setiap siswa untuk terlibat dalam aktivitas penyuluhan yang dikemas secara tersebut menjadi bukti terhadap konsep yang dijelaskan Ibu Familia. Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan membuat proses penyuluhan tersebut sangat berbeda dengan pembelajaran konvensional. Selain dikemas secara kreatif, sajian-sajian yang memperlihatkan keberadaan kimia dalam kehidupan sehari-hari jelas sangat berhasil merangsang  keingintahuan dan imajinasi para peserta didik yang mengikuti penyuluhan.

Kimia-2“Merangsang  pikiran, perasaan dan imajinasi peserta didik dengan menunjukkan bahwa kimia adalah bagian dari kehidupan sehari-hari hanyalah salah satu teknik, untuk membuat pelajaran Kimia asyik dan menarik.” papar Ibu Familia. “Jika ingin mengetahui berbagai teknik lainnya, silahkan mendaftarkan diri sebagai mahasiswa Pendidikan Kimia FKIP UKI,” ujar Ibu Familia, sedikit berpromosi. “Siapa saja yang kuliah di program studi kami akan mampu memfasilitasi pembelajaran kimia yang asyik dan menarik”, tandas Bu dosen yang saat ini juga sedang menjalani studi lanjut S-3 di sebuah PTN.

Ibu Familia, menambahkan, “Selain untuk memperkenalkan kimia dalam kehidupan sehari-hari agar peserta didik tertarik mempelajarinya, kegiatan ini juga dilakukan untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi mahasiswa di depan umum, dan sekaligus membangun nilai keinginan berbagi ilmu pengetahuan secara kreatif kepada masyarakat”, Ibu Familia mengakhiri penjelasannya.

Kimia3

 

Author: fkipukijakarta

VoE (Voice of Educators) of FKIP UKI merupakan saluran berbagi berita, agenda, agenda dan ide tentang pendidikan dari sivitas akademika serta alumni FKIP UKI Jakarta.

13 thoughts on “Kimia itu Asyik dan Menarik”

  1. Sepakat, Bu Familia Novita! Kimia itu bagian dari kehidupan sehari-hari, dan juga salah satu bagian penting pengembangan industri. Setiap negara yang kuat dalam ilmu MIPA (Matematika, Kimia, Fisika, Biologi) pasti hebat dalam pengembangan sains, teknologi dan industri. Kondisi itu secara otomatis membuat bangsa itu maju.
    Bangsa ini berharap Prodi Pendidikan Kimia FKIP UKI terus mengembangkan strategi pembelajaran kreatif dan efektif untuk pengembangan Kimia di Indonesia. Kita ingin agar Prodi Pendidikan Kimia FKIP UKI menjadi salah satu center of excellence yang menghasilkan pendidik dan ahli Kimia yang mumpuni. God speeds!

    Liked by 1 person

  2. Yuks…kita mulai dari diri sendiri utk lebih sadar kimia agar hidup kita menjadi lebih hidup…
    Dulu, kimia pernah menakutkan bahkan mngerikan, namun, jaman NOW, kimia mpunyai peran mulia bagi khidupan sbg solusi ats pmasalahan di semua bidang (kesehatan, lingkungan hidup) bahkan juga akn menjadi solusi bagi kberhasilan percintaan dan kebahagiaan…
    Ga percaya? Yakin? Coba dech buktikan sendiri ya dg kenali kimia secara asik dan mnyenangkan

    Liked by 1 person

  3. Yuks…kita mulai dari diri sendiri utk lebih sadar kimia agar hidup kita menjadi lebih hidup…
    Dulu, kimia pernah menakutkan bahkan mngerikan, namun, jaman NOW, kimia mpunyai peran mulia bagi khidupan sbg solusi ats pmasalahan di semua bidang (kesehatan, lingkungan hidup) bahkan juga akn menjadi solusi bagi kberhasilan percintaan dan kebahagiaan…
    Ga percaya? Yakin ga percaya? Coba dech buktikan sendiri ya dg kenali kimia secara asik dan mnyenangkan

    Liked by 1 person

    1. Kimia bakal jadi solusi bagi keberhasilan percintaan dan kebahagiaan?
      Wah…hipotesis baru nih…, Bu. Tapi ada benarnya juga, karena syarat percintaan dan kebahagiaan itu KEMISTRI, ya Bu. Kalau “chemistry” nya dapet, hubungan bakalan langgeng… Bener, kan, Bu Familia…?

      Liked by 1 person

  4. I’ve been asked many times how to literally master in Chemistry by all my students. Thats what I Said How really important Chemistry is !!!!! Utterly compelling ….

    Liked by 2 people

  5. Kegiatan yang sangat membangun generasi bangsa.. Selalu ingin berbagi kepada sesama kita.. Itu bukti kita cinta tanah air, cinta generasi bangsa, cinta FKIP KIMIA UKI.
    #melayani bukan di layani😇
    Terus Semangat…

    Like

  6. Moto UKI membangun semangat yang luar biasa, hingga berefek ke seluruh civitas UKI dan lingkungan. Buktinya kegiatan kecil ini yang luar biasa.

    Like

  7. Kembangkan talentamu, salurkan pengetahuanmu

    Semangat buat prodi pendidikan kimia. Kita pasti bisa.
    Keep the spirit

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.