Mahasiswa Prodi Kimia Peroleh Makna Baru Lagu “Hai Mari Berhimpun”

[Jakarta, VoE FKIP UKI] “Hai Mari Berhimpun”, selain “Malam Kudus”, adalah salah satu lagu yang wajib dinyayikan dalam setiap perayaan Natal. Saking seringnya menyanyikan lagu itu, kapanpun diminta, setiap mahasiswa Kristen pasti dapat menyanyikannya tanpa melihat liriknya.

4Namun, ketika lagu itu dinyanyikan dalam Perayaan Natal Bersama HMPS Prodi Kimia FKIP UKI dengan Anak-Anak Panti Asuhan Pondok Taruna, Cipayung, Jakarta Timur, pada tanggal 15 desember 2017 lalu, para mahasiswa  Prodi Kimia yang turut serta merasakan sentuhan tersendiri.

“Lagu yang mengajak jemaat untuk berhimpun dan bersukaria menyambut kedatangan Juruselamat itu memberikan pemahaman tentang Natal yang lebih mendalam bagi kami. Ibadah perayaan Natal yang biasa kami ikuti lazimnya dilakukan di gedung gereja atau gedung pertemuan yang relatif bagus. Bahkan tidak sedikit yang dilakukan di tempat-tempat mewah. Dari pakaian yang dikenakan, jemaat yang hadir biasanya terlihat berkecukupan. Tapi, Natal bersama adik-adik di Panti Asuhan Pondok Taruna ini kami selenggarakan penuh kesederhanaan. Karena perayaan ini adalah inisiatif kami, maka seluruh biaya dan perlengkapan yang dibutuhkan harus kami usahakan sendiri,” tutur Gayus Sadarman Tafonao yang dipercaya sebagai Ketua Panitia Pelaksana.

3“Selama hampir dua minggu kami berupaya mengumpulkan dana dengan meminta setiap mahasiswa menyisihkan uang sakunya sebagai sumbangan. Bahkan para dosen Prodi Kimia juga turut berpartisipasi. Namun hasilnya masih sangat jauh dari target yang kami utarakan sebelumnya kepada ibu Ana, pengurus panti asuhan tersebut. Setelah menggumulinya dengan doa, kami memutuskan untuk mencari dana dengan cara mengamen di warung-warung makan di sekitar kampus. Puji Tuhan, dengan usaha itu kami berhasil mengumpulkan dana yang kami perlukan. Biaya pengadaan konsumsi perayaan natal, pembelian bingkisan natal bagi setiap adik di Panti Asuhan Pondok Taruna, dan biaya untuk kebutuhan lain tercukupi” Jeane Angelica Regiana, Ketua HMPS Pendidikan Kimia, menambahkan.

Hubungan antara ajakan dalam lirik lagu “Hai Mari Berhimpun” dengan pengalaman mereka selama mempersiapkan dan melaksanakan ibadah perayaan Natal itulah yang membuat penghayatan para mahasiswa terhadap lagu itu menjadi lebih mendalam. Mereka memperoleh makna baru dari lagu itu.

6“Perayaan ini kami niatkan sebagai cara untuk berbagi sukacita Natal dengan adik-adik di panti asuhan. Namun untuk mewujudkannya, niat baik saja ternyata tidak cukup. Diperlukan doa dan upaya yang cukup gigih. Tapi semua keletihan untuk mempersiapkan perayaan itu langsung terbayar lunas ketika kami menyaksikan kegembiraan besar terpancar dari wajah adik-adik di panti asuhan. Ketika menyanyikan lagu “Hai Mari Berhimpun”, saya merasakan seolah-olah Kristus sendiri yang mengajak kami berkumpul, beribadah dan bersukaria bersama adik-adik di panti asuhan itu. Berdasarkan pernyataan teman-teman, ternyata mereka juga mengalaminya,” pungkas Gayus.

1Redaksi VoE FKIP mengucapkan terima kasih kepada HMPS Prodi Kimia FKIP UKI yang telah membagikan pengalaman ini. Meski tidak ikut langsung mempersiapkannya, kami juga turut merasakan makna baru lagu “Hai Mari Berhimpun” melalui penuturan Anda semua dalam liputan ini. Semoga para pembaca juga turut merasakan pemahaman baru tersebut. Selamat Hari Natal 2017!

 

7 respons untuk ‘Mahasiswa Prodi Kimia Peroleh Makna Baru Lagu “Hai Mari Berhimpun”

Add yours

  1. Gathering is the way to express the essence of human interaction as a socially living creature.

    Feeling others is the conception of the real act of humanity.
    I personally appreciate such visit and service, as I know, it spiritually satisfies the civil justice to a number of people they celebrated with.

    Disukai oleh 2 orang

  2. I was almost speechless while reading this reportage. What a very inspirational experience! Only to those with sincere motive to serve and share others such first hand insight will be revealed. Students of Prodi Pendidikan Kimia FKIP-UKI, thanks for sharing your invaluable experience!

    Disukai oleh 1 orang

  3. Sangat bagus dalam menjalin ikatan persaudraan bersama anak panti asuhan..
    Lanjutkan yah.. Kegiatan yang sangat bermanfaat.
    Maju terus FKIP KIMIA UKI

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: