Untuk Melesat Maju, Prodi Pendidikan Kimia Lakukan Studi Banding

“Semua organisasi yang sukses melakukan studi banding secara berkelanjutan agar tahu apa kelebihan kompetitor dan mengejarnya dalam aktivitas hari demi hari.”

[Bogor, VoE FKIP UKI] Untuk meningkatkan mutu secara berkelanjutan, Program Studi (Prodi) Pendidikan Kimia FKIP UKI memandang perlu mempelajari institusi yang usianya lebih tua dan pengalamanannya lebih banyak. Dengan demikian, hal-hal positif dan kelebihan lainnya yang dimiliki institusi tersebut dapat dijadikan pembanding.

1Salah satu Prodi Kimia yang usia dan pengalamannya jauh di atas Prodi Pendidikan Kimia FKIP UKI adalah  Prodi Kimia FMIPA IPB Bogor. Oleh sebab itu, pada hari Senin, 9 April 2018, Prodi Pendidikan Kimia FKIP UKI menhunjungi prodi Kimia yang diasuh oleh salah satu PTN tertua di Indonesia yang berlokasi di Bogor itu dengan tujuan spesifik: (1) menambah wawasan tentang tempat pelaksanaan pembelajaran dan praktikum Kimia; (2) menimba pengalaman baru (bagi dosen dan mahasiswa) di Prodi Kimia FMIPA IPB Bogor; (3) menambah wawsan tentang prodi Kimia; (4) memperluas jejaring dengan sesama prodi Kimia.

2“Selain untuk tujuan-tujuan tersebut, dengan sengaja, kami sepenuhnya menyerahkan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan studi banding ini kepada pengurus HMPS. Kami, para dosen, hanya berperan sebagai fasilitator. Mulai dari pengurusan izin kegiatan, perencanaan bentuk-bentuk kegiatan, kunjungan awal untuk mengkonfirmasi kesediaan pihak FMIPA IPB Bogor, dan pelaksanaan studi banding, secara keseluruhan dilakukan oleh mahasiswa,” papar Dr. Sumiyati Gultom, M.Pd., Kaprodi Pendidikan Kimia FKIP UKI.

3“Dengan senang hati dan penuh semangat, kami pengurus HMPS Pendidikan Kimia FKIP UKI menerima tantangan ini. Selain untuk mempelajari berbagai hal yang dilakukan di Prodi Kimia FMIPA IPB Bogor untuk memperluas cakrawala kami, pelaksanaan studi banding ini merupakan kesempatan emas bagi kami untuk secara langsung mengaplikasikan kompetensi kepemimpinan, manajemen, dan kolaborasi,” Jeane Angelica Regiana, Ketua HMPS Pendidikan Kimia FKIP UKI, menimpali.

9Bagi Nina Merita Sababalat, mahasiswa yang dipercaya sebagai Ketua Pelaksana Studi Banding, kegiatan ini termasuk hajatan besar pertama yang dilaksanakannya. “Pada awalnya saya agak ragu bisa melaksanakan amanat ini, karena kegiatan ini melibatkan dua institusi yang besar. Namun, karena panitia didukung oleh seluruh dosen dan mahasiswa  prodi Pendidikan Kimia FKIP UKI, demikian pula oleh Dekan FKIP-UKI, semua keraguan bisa kami tepis. Ternyata, semua berjalan dengan baik sesuai rencana. Dengan komitmen dan kerjasama, tugas sebesar apapun ternyata bisa dilaksanakan,” tutur Nina.

10Kegiatan yang dilakukan sehari penuh, mulai pukul 09:00 hingga sekitar 17:00 WIB itu diawali dengan acara perkenalan dan ramah tamah dengan Dekan FMIPA IPB. Setelah itu, dilakukan penyerahan rombongan Prodi Pendidikan Kimia FKIP UKI kepada Kaprodi Kimia FMIPA IPB dan jajarannya. Acara selanjutnya adalah diskusi tentang kurikulum, sistem pembelajaran dan praktikum, pembinaan program kemahasiswaan, dan kunjungan ke laboratorium Kimia FMIPA IPB. Acara diakhiri dengan pertukaran cindera mata dan foto bersama.

Sebagai prodi yang sudah berusia jauh lebih tua dan mapan, wajar jika Prodi Kimia IPB memiliki pengalaman lebih banyak dan fasilitas lebih komprehensif. Semua kelebihan mereka tentu menjadi masukan bagi Prodi Pendidikan Kimia FKIP UKI. Banyak hal yang kami pelajari melalui studi banding ini. Tapi saya yakin, Prodi Pendidikan Kimia FKIP UKI yang berusia jauh lebih muda dapat melakukan lompatan-lompatan kemajuan hingga bisa berkompetisi positif dengan prodi yang baru kami kunjungi,” pungkas Nina.

8.jpgRedaksi VoE mengucapkan selamat membangun kepada Prodi Pendidikan Kimia FKIP UKI, dan salut kepada Panitia Pelaksana Studi Banding atas keberhasilan mereka menyelenggarakan kegiatan ini dengan baik.

Author: fkipukijakarta

VoE (Voice of Educators) of FKIP UKI merupakan saluran berbagi berita, agenda, agenda dan ide tentang pendidikan dari sivitas akademika serta alumni FKIP UKI Jakarta.

9 thoughts on “Untuk Melesat Maju, Prodi Pendidikan Kimia Lakukan Studi Banding”

  1. Sungguh bahagia menyaksikan kolaborasi kreatif para dosen dan mahasiswa dalam penyelenggaraan even akademik seperti studi banding ini. Dosen memberikan bimbingan dan kepercayaan, mahasiswa menyambut dan mewujudkan bimbingan dan kepercayaan itu dengan penuh dedikasi dan tanggungjawab. Hasilnya? Sekali mendayung berbagai pulau terlampaui. Program dan kerjasama tim kreatif seperti ini wajib dikembangkan secara berkelanjutan. Good job, Prodi Pendidikan Kimia FKIP UKI!

    Liked by 1 person

  2. HMPS Pendidikan Kimia FKIP-UKI vs IMASIKA IPB. Semoga kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang akan dilakukan bersama di bogor akan segera terealisasi. Studi banding dulu, lalu kerjasama, kemudian samasama bekerja.

    Liked by 1 person

  3. Salut dengan semangat dan kerjasama tim HMPS Kimia FKIP UKI dan IMASIKA IPB.
    Berawal dari diskusi bersama dalam studi banding, berlanjut dengan bekerjasama dalam pengabdian kepada masyarakat di bulan 8.
    Maju terus Prodi Kimia UKI

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.