Manfaat Belajar dengan “Native Speaker” di Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin FKIP UKI

Ketika mempelajari suatu bahasa asing, keberadaan penutur asli (native speaker) terbukti memberikan banyak manfaat. Salah satu manfaat belajar dengan penutur asli adalah pemerolehan aksen dan lafal yang otentik. Kedua, interaksi dengan penutur asli memberikan dorongan yang kuat bagi pelajar untuk terus berupaya menguasai kosa kata maupun struktur Bahasa yang dipelajari. Manfaat lainnya adalah bahwa penutur asli dapat menjelaskan latar belakang budaya yang diperlukan untuk memahami gestur, etika, maupun sikap yang perlu dipahami sewaktu berkomunikasi.

ChineseBerbagai manfaat belajar dengan dosen Mandarin yang langsung datang dari Tiongkok sangat dirasakan oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin FKIP UKI. Sara Tri Christina, salah seorang mahasiswa di prodi ini menjelaskan keberadaan dosen penutur asli berdampak besar dalam pembelajaran yang diikutinya. Melalui mata kuliah Listening (听力) yang diasuh native speaker, misalnya, Sara mengaku sangat terbantu mengembangkan kemampuan menyimak ungkapan-ungkapan Bahasa Mandarin. “Dalam mata kuliah Speaking (口语) kami dibimbing oleh dosen native speaker untuk berbicara dalam bahasa mandarin dengan lafal, tone dan nada yang benar dan tepat,” imbuh Sara.

Selain itu, dosen native speaker merupakan teman berlatih yang baik untuk berkomunikasi dalam Bahasa Mandarin. “Oleh karena itu, mahasiswa/i kami selalu memanfaatkan kehadiran dosen native speaker untuk berkomunikasi langsung dengan mereka, termasuk kesempatan berkomunikasi di luar jam perkuliahan. Hal ini juga didukung kesediaan si native speaker untuk memberi koreksi dan masukan kepada mahasiswa jika ada kesalahan pengucapan. Dengan demikian, mahasiswa/i dapat mengetahui dan memperbaiki kesalahannya. Dampaknya? Mereka semakin berani untuk berkomunikasi dalam Bahasa Mandarin,” tutur Ibu Dewi Sulitiyowati, M.Hum., Kaprodi Pendidikan Bahasa Mandarin.

PS Mand

Semoga program dan fasilitas yang telah dimiliki dan terus dikembangkan semakin mampu membuat Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin FKIP UKI menghasilkan alumni-alumni yang professional dan kompeten di bidang Bahasa Mandarin—bahasa yang telah berkembang menjadi salah satu bahasa internasional terpenting di dunia.

Author: fkipukijakarta

VoE (Voice of Educators) of FKIP UKI merupakan saluran berbagi berita, agenda, agenda dan ide tentang pendidikan dari sivitas akademika serta alumni FKIP UKI Jakarta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.