Panduan Lomba Menulis Konten VoE FKIP UKI 2018

Latar Belakang

Keterampilan berprikir reflektif sangat dibutuhkan dalam pembelajaran maupun kehidupan sehari-hari. Melalui refleksi, seseorang menganalisis, mengevaluasi dan menilai pengalaman, atau tindakan yang telah terjadi. Hasil refleksi itu bisa berupa konsep atau pemikiran yang membuatnya lebih arif sehingga di masa berikut dia akan dapat bertindak atau mengejakan sesuatu dengan cara dan hasil yang lebih baik. Dalam pembelajaran, konsep atau pemikiran yang diperoleh seorang mahasiswa dari aktivitas berpikir reflektif akan membantunya memeroleh pemahaman baru dan mempersonalisasi serta mengkontektualisasikan pengalaman pembelajarannya. Konsep atau pemikiran itu juga bisa menginspirasi mahasiswa yang mendengar atau membacanya.

Reflective-DeweyAgar tidak segera terlupakan dan dapat menginspirasi orang lain, setiap pemikiran reflektif  perlu didokumentasikan. Salah satu bentuk dokumentasi itu adalah tulisan reflektif (reflective writing). Tulisan reflektif memberikan keuntungan berganda. Di satu sisi, pembaca akan memperoleh inspirasi atau minimal pandangan baru mengenai topik yang direfleksikan. Di sisi lain, melalui penulisan reflektif: (1) penulis semakin terlatih menghubungkan pengalaman dengan ide, atau sebaliknya ide dengan pengalaman; (2) penulis dapat mengembangkan kemampuan untuk melakukan sesuatu secara lebih baik di masa berikut.; dan (3) penulis berkesempatan mengembangkan keterampilan berpikir karena dia harus berpikir secara mendalam untuk dapat mengungkapkan refleksinya terhadap tindakan atau pengalaman yang sedang dituliskan.

ReflectiveMengingat besarnya manfaat penulisan reflektif, baik bagi penulis maupun pembaca, Redaksi Voe diberi kesempatan oleh Pimpinan FKIP UKI menyelenggarakan lomba penulisan karya tulis reflektif antar mahasiswa FKIP UKI Tahun 2018. yang akan dipublikasikan di VoE FKIP UKI.

Persyaratan dan Kriteria 

  • Peserta: Mahasiswa aktif FKIP UKI (Menyertakan pasfoto, nama, program studi, dan tahun angkatan dalam tulisan).
  • Tema: “Membangun diri dan menginspirasi sesama melalui tulisan reflektif”.
  • Topik (Isi Tulisan): Pengalaman pribadi penulis selama kuliah di FKIP UKI dan konsep, pemikiran, atau inspirasi yang ditarik/disimpulkan dari pengalaman tersebut (artikel dalam Memori Alumni bisa dijadikan sebagai contoh). Tulisan harus merupakan karya peserta sendiri dan belum pernah dipublikasikan di media cetak atau elektronik lain.
  • Judul dibuat singkat (tidak lebih dari 15 kata) dan semenarik mungkin, tapi tetap mencerminkan isi.
  • Bahasa Tulisan: Bahasa Indonesia (menggunakan gaya bahasa populer, namun kaidah-kaidah penulisan Bahasa Indonesia yang baik dan benar tetap diikuti).
  • Panjang Tulisan: 500-750 kata.
  • Ilustrasi & Gambar: Tulisan disertai 2 hingga gambar/foto  atau ilustrasi (JPG File atau PNG Image) yang relevan. Bila ilustrasi atau gambar bukan milik/karya sendiri, sumber ilustrasi atau gambar wajib disebutkan. Lihat penyebutan sumber gambar dalam berita ini atau dalam panduan ini sebagai contoh)

 Prosedur Lomba

  1. Peserta mengirimkan tulisannya kepada PIC Program Studi masing-masing melalui email sebagaimana tertera di bagian bawah panduan ini.
  2. Tulisan yang masuk ke PIC akan dinilai kelayakannya (berdadarkan spesifikasi yang ditentukan) oleh Tim Penilai tingkat Program Studi.
  3. Tulisan yang dinilai layak dikirim ke Redfaksi VoE untuk dipublikasikan.
  4. Semua tulisan yang dipublikasikan berhak mengikuti lomba dan wajib dinilai sesuai dengan kriteria penilaian.

Kriteria Penilaian

Penilaian tulisan dalam lomba ini menggunakan 2 (dua) kriteria:

  • Penilaian berdasarkan isi, bahasa, dan teknis penulisan oleh Dewan Juri yang ditetapkan oleh FKIP UKI (Bobot 50%).
  • Penilaian berdasarkan jumlah dan relevansi komentar pada setiap tulisan di VoE FKIP UKI (Bobot 50%).

Ref WritKarena bobot penilaian berdasarkan jumlah komentar juga 50%, pengaruhnya dalam penentuan pemenang sangat besar. Oleh karena itu, setiap peserta perlu mengkampanyekan tulisannya agar dikomentari oleh sebanyak mungkin orang di VoE. Namun, hanya komentar yang relevan dengan isi tulisan yang akan dihitung. Oleh karena itu, setiap pembaca yang memberi komen agar diminta membaca tulisan dengan baik.

Tanggal-Tanggal Penting

  • 28 Juni-21 Juli 2018: Waktu memasukkan tulisan ke PIC Prodi. (Jadi batas waktu penerimaan tulisan yang akan dilombakan adalah 12 Juli 2018)
  • 12 Juli-25 Juli 2018: Waktu mengaupload/mempublikasi tulisan ke VoE FKIP UKI
  • 12 Juli—24 Agustus 2018: Waktu bagi pembaca memberikan komentar kepada tiap tulisan yang sudah dipublikasi di VoE FKIP UKI.
  • 31 Juli—10 Agustus 2018: Penilaian tulisan oleh Dewan Juri
  • 27-30 Agustus 2018: Penghitungan skor berdasarkan penilaian juri dan jumlah komentar
  • 1 September 2018: Pengumuman Pemenang

Hadiah diserahkan pada saat pembukaan perkuliahan Semester ganjil 20018/2019.

PIC Masing-Masing Prodi

  1. Bimbinagn & Konseling : Evi –> deliviana@yahoo.com
  2. Pendidikan Bhs. Inggris : Saniago –> saniagonias@gmail.com
  3. Pendidikan Matematika : Jitu H. –> jituhalomoan@yahoo.co.id
  4. Pendidikan Biologi : Fajar  –> fadinugraha@yahoo.co.id
  5. Pendidikan Fisika : Taat G.  –> taat_toro@yahoo.co.id
  6. Pendidikan Kimia : Leony  –> leony51@yahoo.com
  7. Pendidikan Bhs. Mandarin : Dewi –> dwsulis@gmail.com
  8. Pendidikan Agama Kristen : Noh  –> boiliunoh@gmail.com

Jika ada yang ingin ditanyakan terkait Lomba Karya Tulis Konten VoE FKIP UKI 2018 ini, silahkan hubungi PIC masing-masing prodi di atas.

Sumber Gambar;

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: