Prodi Kimia FKIP UKI Mulai Lahirkan Mahasiswa Berprestasi Nasional

[Jakarta, VoE FKIP UKI]. Selasa sore, 12 Juni 2018, tiga mahasiswi Program Studi (Prodi) Pendidikan Kimia terlihat duduk di ruang tunggu Sekretariat FKIP. Mengenakan jaket almamater berwarna biru mereka terlihat enerjik dan penuh semangat. Pkm1“Kami sudah janjian untuk ngobrol-ngobrol dengan Pak Dekan dan Pak Wadek,” ujar Lusi Nuriati Sitorus yang saat itu didampingi dua temannya, Fenny Maria dan Anggia Murni, dan Ibu Leony Sanga Lamsari Purba, M.Pd.

Begitu Pak Dekan, Parlindungan Pardede, yang baru selesai mengajar, tiba perbincangan langsung di lakukan di ruang kerja Dekan. “Bersama Pak Wadek, saya ingin memastikan Tim PKM adik-adik bertiga dapat menyelesaikan penelitian yang didanai oleh Kemenristekdikti itu dengan baik,” ujar Pak Dekan mengawali perbincangan.

Ketiga mahasiswi yang ramah dan murah senyum itu ternyata baru beberapa waktu sebelumnya diumumkan oleh Dirjen Belmawa Kemenristekdikti sebagai salah satu tim pemenang hibah untuk kelompok Program Kreativitas Mahasiswa bidang Penelitian Eksakta (PKM PE) 2018.

PKM2Proposal kami berjudul “Analisis Laju Perubahan Oksigen Terlarut (DO) dan Tingkat Keasaman (pH) Air Sekitar Muara Angke”. Penelitian ini berawal dari kuliah lapangan yang kami lakukan di Pelabuhan Muara Angke tahun lalu. Tiba di lokasi, tercium aroma yang kurang sedap. Penasaran dengan sumber bau tersebut, kami mencoba menelusuri. Ternyata aroma itu berasal dari air muara angke. Kesimpulan sementara kami, air dengan bau yang menyengat itu tentu berdampak pada air tanah. Akibatnya, masyarakat sekitar tidak mungkin menggunakannya untuk kebutuhan sehari-hari,” Lusi Nuriati Sitorus, Ketua Tim PKM tersebut menjelaskan latar belakang penelitian mereka.

Pengalaman itu menginspirasi mereka untuk mengikuti kompetisi hibah PKM Kemenristekdikti yang diumumkan Biro Kemahasiswaan UKI beberapa waktu kemudian. Sebagai Dosen Pembina HMPS Prodi Pendidikan Kimia dan sekaligus pengampu Mata Kuliah “Kimia Fisika I-Kinetika Reaksi (Laju Reaksi)”, Ibu Leony, secara proaktif memberikan masukan. Setelah melalui beberapa kali diskusi, diputuskan untuk meneliti sifat atau kandungan air yang ada di Muara Angke, khususnya tentang pH (Tingkat Keasaman) dan DO (Oksigen Terlarut).

PKM-2aUntuk menjaring data awal yang komprehensif, Lusi dan kedua temannya menyambangi warga masyarakat sekitar Muara Angke. Ditemukan bahwa sebagian masyarakat disana menggunakan air yang dipasok PT. PDAM dan sebagian lagi membeli air seharga Rp. 5.000/jerigen. Dengan bimbingan dan dorongan Bu Leony, ke tiga mahasiswi ayu namun lincah dan enerjik itu berhasil menyelesaikan pembuatan proposal dan persyaratan lainnya.

“Hasil penelitian ini nantinya bisa menjadi landasan penelitian lanjutan untuk membuat alat pemurnian air seperti yang ada di sekitar Muara Angke agar dapat digunakan masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari,” Ibu Leony, dosen berpembawaan tenang dan murah senyum ini, menambahkan.

PKM 3aSebelum mengakhiri perbincangan, Pak Dekan menandaskan, “FKIP UKI sangat senang dengan capaian kalian. Tahun lalu, Tim PKM Prodi Fisika kita melakukan hal yang sama. Capaian di bidang PKM ini adalah salah satu bukti pendekatan perkuliahan yang berpusat pada mahasiswa (students-centered), filosofi konstruktivisme dan pandangan “Students are producers, not consumers, of knowledge” mulai membuahkan hasil. Terus kembangkan pemikiran kritis kreatif kalian. Bina terus semangat kerjasama tim. Asah kepedulian pada kebutuhan masyarakat. Kalian akan menjadi bagian anak bangsa yang berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan dan pembangunan bangsa.’

“Kami selalu siap mendukung keberhasilan kalian. Setiap saat, silahkan berkonsultasi kepada Bu Leony, Kaprodi, ataupun kepada saya dan Pak Dekan. Tim kalian ini harus berhasil menyelesaikan misinya dengan baik, supaya calon tim-tim PKM dari semua program studi kita, yang saya yakin siap berkarya di tahun-tahun berikut, bisa terinspirasi bercermin pada pengalaman kalian,” imbuh Wakil Dekan, Bapak Kerdit Simbolon, M.Pd.

Selamat berkarya dan mengukir prestasi buat Lusi Nuriati Sitorus, Fenny Maria dan Anggia Murni. Selamat dan sukses juga buat Ibu Leony Sanga Lamsari Purba, M.Pd.

Pkm4

Author: fkipukijakarta

VoE (Voice of Educators) of FKIP UKI merupakan saluran berbagi berita, agenda, agenda dan ide tentang pendidikan dari sivitas akademika serta alumni FKIP UKI Jakarta.

40 thoughts on “Prodi Kimia FKIP UKI Mulai Lahirkan Mahasiswa Berprestasi Nasional”

  1. Mantap bu Leony, bimbingan yg lebih serius lagi akan membuat ketiga mhs kita ini akan mencapai kejayaan pikirannya yg optimum. Bahkan akan memicu semangat serupa bagi mhs kita yg lain. Salam utk smua dosen di prodi pendidikan Kimia FKIP UKI, juga kpd bu kaprodi,Dr.Sumiaty,M.Pd.

    Liked by 3 people

  2. Luar biasa!
    Meskipun masih berusia muda, Prodi Kimia langsung mencetak mahasiswa-mahasiswa berprestasi. Tetaplah mendidik dengan hati dan menghasilkan yang terbaik. Anak-anak bangsa lainnya menunggu didikan bersentuhan kasih dan berprestasimu.

    Liked by 4 people

  3. Reblogged this on SANIAGO DAKHI and commented:
    A nationally-recognized student is a need required by any on-going university students. My appreciation goes to this student, but not limited to the Study Program, who has done their best. You are the chosen one.
    Feel proud 👍

    Liked by 2 people

  4. Tidak sulit tapi juga tidak gampang menjadi mahasiswa yang mampu menunjukkan kreativitasnya. Sedikit arahan dan pendampingan yg tulus dr dosen mungkin bs membantu mahasiswa menunjukkan kreativitas terpendam tersebut. Salam sukses FKIP-UKI

    Liked by 3 people

  5. Kimia FKIP UKI terbaik, maju terus!! Terkhusus teman saya Lusi yg ikut ambil bagian dalam kelompok Program Kreativitas Mahasiswa bidang Penelitian Eksakta (PKM PE) 2018, semangat terus utk ke depannya.!

    Like

    1. Semangat ketua HMPS FKIP kimia UKI.. PkM simlib tahun ini harus lolos untuk pendana tahun depan! Anggota bs lolos, ketua pasti sangat bs lolos dong 💪

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.