Transformasi Hidup Kelam Menjadi Cerah di Prodi Pendidikan Biologi FKIP UKI

1.

Selama di SMA saya sangat senang pada Biologi dan bertekad untuk menggeluti bidang ini setelah lulus dari SMA. Untuk mewujudkannya, saya habis-habisan mengikuti tes penerimaan mahasiswa baru program studi Biologi di PTN yang saya idamkan. Semua jalur penerimaan yang tersedia saya ikuti, namun ternyata rejeki saya bukan di PTN itu.

Tidak berjodohnya saya untuk kuliah di PTN membuat saya galau berat. Langit seolah-olah runtuh. Cita-cita saya seolah-olah pupus. Hidup terlihat kelam. Untunglah seorang kerabat menganjurkan saya mencoba mendaftar ke sebuah PTS yang terletak di Cawang, yang juga membuka program studi Biologi. Saya bergegas berselancar di website untuk mengetahui  informasi lebih detil. Ternyata saat itu sedang berlangsung pendaftaran gelombang terakhir. Setelah berdiskusi dengan orangtua, saya memutuskan untuk mendaftar ke Prodi Pendidikan Biologi FKIP UKI. Horee…..! Saya lulus tes saringan masuk dan segera menyelesaikan semua persyaratan administratif.

Sekarang saya sudah di semester 6. Banyak hal yang mengesankan bagi saya selama ini. Dibimbing oleh dosen-dosen yang ramah, berdedikasi, kompeten dan inspiratif, saya tidak  hanya dipacu untuk menguasai bidang Biologi dan Kependidikan. Berbagai program lomba, pelatihan, seminar dan diskusi juga memfasilitasi dan melatih kami mahasiswa untuk berpikir kritis, berpikir kreatif, berpikir positif, berkomunikasi dan berkolaborasi.

2. Tim ONMIPABagi saya, kuliah di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UKI itu memberikan pengalaman luar biasa. Belajar di FKIP ini tidak hanya dilakukan di ruang kuliah saja. Berbagai kegiatan kuliah lapangan di berbagai cagar alam, praktik di laboratorium dan Green House, observasi di sekolah-sekolah, keikutsertaan dalam berbagai lomba ilmiah dan aktivitas Pengabdian kepada Masyarakat di berbagai lokasi membuat mahasiswa mampu menghubungkan konsep dengan realita serta termotivasi mengembangkan potensi diri secara optimal.

Selain mengikuti perkuliahan dan berbagai seminar secara teratur, saya terlibat dalam lomba Olimpiade nasional MIPA (ON-MIPA)Tingkat DKI Jakarta 2018, ON-MIPA Tingkat Jabodetabek dan Banten Tahun 2017 dan ON-MIPA Tingkat Nasional Tahun 2017 di Yogyakarta. Saya berpartisipasi sebagai panitia beberapa lomba yang dilaksanakan untuk siswa SMA. Saya juga sangat menikmati kuliah lapangan di Cagar Alam Pangandaran 2017 dan Pulau Harapan, Kepulauan Seribu 2018. Selain itu, saya juga aktif di organisasi kemahasiswaan tingkat program studi, HMPS Pendidikan Biologi. Dilihat sepintas, mengikuti seabrek aktivitas itu akan terkesan melelahkan. Tapi saya tidak pernah merasa lelah, karena dibimbing oleh dosen-dosen yang berdedikasi dan bersahabat. Selain itu, kerjasama tim dan suasana menyenangkan yang kami ciptakan dalam setiap kegiatan membuat semua program dapat dijalani dengan penuh keceriaan. Singkat kata, saya menjalani real joyful and inspirational learning. Tak diragukan lagi, mahasiswa yang menjalani semua kegiatan pembelajaran itu dipastikan akan menjadi lulusan unggul.

3. OMIPA YogyaSebagai lulusan unggul (yang menguasai bidang studinya, memiliki keterampilan berkomunikasi; berpikir positif, kritis dan kreatif; mampu berkolaborasi, bersikap jujur gigih dan pantang menyerah) yang dibimbing oleh dosen-dosen profesional, bersahabat dan memberi teladan, saya yakin alumni Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UKI akan menjadi pendidik yang mampu berkontribusi besar terhadap bangsa dan negara. Alumni program studi ini akan benar-benar mampu merealisasikan visi Ki Hadjar Dewantoro, “Ing Ngarso Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani”.

Setelah enam semester mengalami pengembangan kognisi, motoris, afeksi, berpartisipasi dalam berbagai aktivitas peningkatan keterampilan berpikir, berkomunikasi, berkolaborasi dan keterampilan hidup lainnya di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UKI, sekarang saya dipenuhi optimisme. Kekelaman yang menyelimuti hidup saya setelah lulus SMA telah berubah menjadi cerah. Sekarang saya menatap masa depan yang penuh harapan. Terima kasih FKIP UKI.

4-e1531546594357.jpg

Tulisan ini disertakan dalam  Lomba Menulis Konten VoE FKIP UKI 2018.


Identitas Penulis:

Rita Maghdalena Situmorang (1515150011)

Program Studi Pendidikan Biologi

Angkatan 2015


 

Author: fkipukijakarta

VoE (Voice of Educators) of FKIP UKI merupakan saluran berbagi berita, agenda, agenda dan ide tentang pendidikan dari sivitas akademika serta alumni FKIP UKI Jakarta.

13 thoughts on “Transformasi Hidup Kelam Menjadi Cerah di Prodi Pendidikan Biologi FKIP UKI”

  1. Mantap kawan, sukses terus ya kuliahnya. Semoga kedepannya semakin maju, sukses dan tetap jaya khususnya program studi biologi FKIP UKI.

    Like

  2. Terima kasih untuk pengalaman hidup yang menginspirasi ini, Rita Magdalena.
    Sulit membayangkan apa yang akan terjadi seandainya Anda terus larut dalam kesedihan karena tidak “berjodoh” kuliah di PTN idaman tersebut. Bersyukurlah Anda tidak terus meratapi nasib tetapi bangkit menempuh jalan lain yang ternyata memampukan Anda membentuk masa depan yang penuh harapan.
    Pengalaman Anda ini terlihat selaras dengan ungkapan Idowu Koyenikan, penulis dan motivator dari Amerika, yang menyatakan: “Ada berbagai hal yang tidak bisa kita pilih dalam hidup kita. Hari apa dan di keluarga apa kita dilahirkan, nama apa yang diberikan kepada kita, dan siapa leluhur kita ditentukan oleh suatu kekuatan yang lebih tinggi. Bahkan ketika kita sudah cukup dewasa untuk membuat keputusan, terdapat berbagai hal yang tidak bisa kita ubah sesuka hati kita. Oleh karena itu, yang perlu kita lakukan adalah berfokus pada masa depan, satu-satunya hal yang dapat Anda ubah.

    Like

  3. Saya sgt senang membaca tulisan Rita ini. Di dalam tulisan itu ada semangat yg terpancar kepada pembaca. Dan semangat itu bersumber dari CINTA terhadap apa yang digeluti. Setiap orang yg mencintai apa yg dikerjakannya, baik mahasiswa ataupun pekerja, pasti sukses. Cinta adalah sumber komitmen dan energi yg tak pernah habis.
    Terima kasih kepada Rita karena sudah berbagi inspirasi.

    Like

  4. Semangat terus ta!! gue tau perjuangan lu dari awal sampai sekarang itu ga gampang bahkan bisa di bilang beraat, jangan sia2 kan perjuangan yang udah lu lakuin, tuntas kan sampai akhir! 💪😊

    Like

  5. Gagal bukan akhir dari segalanya. Karena semua ada jalan terbaik. Sangat menarik ceritanya. Menginspirasikan jugs bagi mahasiswa yg belum rejeki nya di ptn

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.