Panen Pakcoy di “Greenhouse” Pendidikan Biologi FKIP UKI

[VoE FKIP UKI] Jumat, 13 Juli 2017 terlihat suasana ramai di lokasi greenhouse Pendidikan Biologi FKIP UKI. Sore itu dilaksanakan acara panen sayur pakcoy di kebun laboratorium Botani yang terletak bersebelahan dengan lapangan basket UKI, Kampus UKI Cawang, Jakarta Timur itu.

Pakcoy 1“Sayur pakcoy yang akan kita panen ini dikembangkan dari bibit yang dihasilkan dari penelitian sekelompok mahasiswa di semester ini. Penelitian itu fokus pada pembibitan. Namun bibit yang dihasilkan kemudian ditanam di lahan yang tersedia di luar greenhouse ini,” ujar Dr. Sunarto, M.Hum., Kaprodi Pendidikan Biologi FKIP UKI.

“Selain untuk kegiatan penelitian di bidang Botani, ke depan kita juga akan memanfaatkan lahan di sekitar greenhouse ini untuk praktik entrepreneurship. Jadi, selain meneliti, mahasiswa juga kita dorong mengembangkan kewirausahaan di bidang agrobisnis,” Pak Sunarto menambahkan.

Bapak Laurensius, M.Pd., Kepala Laboratorium Pendidikan Biologi FKIP UKI menjelaskan, “Lahan yang kita miliki ini sekitar 200 meter persegi. Yang terpakai untuk green house hanya 50 meter persegi. Jadi masih cukup luas lahan yang dapat dimanfaatkan. Di belakang greenhouse kami tempatkan kolam pemeliharaan lele yang bulan depan akan kita panen. Lahan di bagian kiri, kanan dan depan green house ini kita manfaatkan untuk membudidayakan berbagai tanaman. Saat ini yang cukup banyak kita tanam adalah sayur pakcoy yang kita panen sekarang ini”.

Dalam sambutannya, Dekan FKIP UKI, Parlindungan Pardede, M.Hum. menyambut baik rencana pengembangan greenhouse tersebut dan lahan sekitarnya secara kreatif.

Pakcoy2“Perlu dipikirkan bagaimana membuat fasilitas ini memiliki multi fungsi. Selain sebagai laboratorium penelitian dan pembudidayaan tanaman untuk praktik kewirausahaan, fasilitas ini dapat kita buat menjadi sebuah taman yang indah. Tembok-tembok pembatas yang mengelilingi fasilitas ini saya usulkan dibuat menjadi tempat menggantungkan tanaman-tanaman yang dapat dibudidayakan di pot pot gantung. Saya yakin para alumni yang turut hadir saat ini bersedia membantu,” papar Pak Dekan.

Acara panen dimulai dengan mendaulat Pak Dekan mencabut sebatang sayur pakcoy. Pada kesempatan berikut, Wakil dekan FKIP, Kerdid Simbolon, M.Pd. diminta melakukan hal yang sama. Setelah itu beberapa dosen dan alumni yang hadir memperoleh giliran mencabut pakcoy. Para mahasiswa kemudian turut serta menyelesaikan acara panen tersebut. Hasil panen kemudian dibagi-bagi kepada dosen, alumni dan mahasiswa yang turut serta dalam acara panen itu.

pakcoy3.jpg

Author: fkipukijakarta

VoE (Voice of Educators) of FKIP UKI merupakan saluran berbagi berita, agenda, agenda dan ide tentang pendidikan dari sivitas akademika serta alumni FKIP UKI Jakarta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.