Kuliah di Pendidikan Biologi FKIP UKI: Semakin Dijalani Semakin Kena di Hati

Sulastri

Bagi banyak orang, Biologi itu pelajaran yang sangat membosankan. Mengapa? Karena pembelajaran Biologi dianggap hanya berkutat denga istilah-istilah Latin yang sangat susah dihafal. Dulu saya juga beranggapan seperti itu. Makanya saya tidak pernah tertarik, apalagi serius mempelajarinya.

Pandangan saya mulai berubah ketika guru Biologi saya di SMA menunjukkan tidak selamanya Biologi itu membosankan. Karena mulai tertarik mempelajari Biologi, begitu lulus SMA tahun 2015, saya mendaftarkan diri di Universitas Kristen Indonesia untuk kuliah Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Sambil terus berupaya menyesuaikan diri dengan cara belajar di perguruan tinggi yang beda banget dengan di SMA, minat saya mempelajari Biologi semakin tumbuh. Pembelajaran yang  memadukan teori dan praktik, belajar di kelas dan di laboratorium dan lapangan, serta aktivitas-aktivitas yang mengembangkan tidak hanya aspek kognisi tetapi juga afeksi dan motoric membuat Biologi begitu menarik dan menantang. Rasa ingin tahu yang terus bertambah membuat saya tidak pernah bosan sedikitpun dalam pembelajaran.

Dalam 6 semester yang sudah saya tempuh di Prodi Pendidikan Biologi hingga saat ini, banyak pengalaman menarik dan bermanfaat yang saya dapatkan. Untuk mengkonfirmasi teori dan konsep yang dipelajari di kelas, di prodi ini mahasiswa diminta melakukan berbagai aktivitas, seperti studi lapangan,  praktikum di laboratorium, dan pengabdian kepada masyarakat, Salah satu studi lapangan yang saya ikuti dilaksanakan di Pulau Harapan, Kepulauan Seribu. Di tempat itu kami mengobservasi penangkaran penyu, pertumbuhan berbagai jenis mangrove dan biota laut lainnya. Selain mengkonfirmasi teori yang sudah saya pelajarai, kuliah lapangan ini secara tidak langsung mengajarkan saya untuk mencintai alam sekitar.

Sulastri 2Laboratorium yang digunakan mahasiswa di Prodi Pendidikan Biologi FKIP UKI terbagi dua, yaitu Lab. Basah dan Lab. Kering. Lab Basah digunakan untuk praktikum yang menggunakan bahan bahan basah, seperti alkohol, metanol, methylen blue, aquades, dan sebagainya. Sedangkan Lab Kering digunakan hanya untuk mempelajari mikroorganisme atau sel tumbuhan dan hewan dengan menggunakan mikroskop. Di Lab Kering terdapat sebuah TV yang digunakan untuk presentasi dan dapat disambungkan ke mikroskop guna melihat objek yang ada di mikroskop sehingga mudah dilihat dan diamati.

Selain itu, Prodi Pendidikan Biologi FKIP UKI juga memiliki greenhouse, fasilitas untuk meneliti pertumbuhan tanaman dengan kondisi lingkungan yang direkayasa.  Sebagai contoh, saat ini saya sedang meneliti pertumbuhan melon (Cucumis melo L.) terhadap konsentrasi pupuk KCl yang berbeda di fasilitas itu. Di sekitar greenhouse terdapat lahan yang cukup luas untuk mengembangbiakkan tanaman. Di lahan itu kami menanam sayuran, tumbuhan obat, bunga, dan lain-lain. Pada hari Jumat, 13 Juli 2018 yang lalu kami melakukan panen sayur Pokchoy bersama dengan Dekan, Wakil Dekan, Kaprodi, Dosen-dosen FKIP dan juga mahasiswa Biologi di greenhouse. Selain itu, di belakang greenhouse juga terdapat tempat menernakkan lele.

Yang tak kalah pentingnya adalah kesempatan mengikuti berbagai lomba yang relevan dengan bidang ilmu yang kami pelajari. Di tahun 2017, saya mengikuti Olimpiade MIPA di Yogyakarta. Kegiatan tersebut berlangsung selama 4 hari, selain mengikuti olimpiade saya dan peserta lainnya diajak keliling kota Yogyakarta.  Saya sangat bersyukur karena kegiatan ini menambah wawasan keilmuan maupun wawasan geografis saya. Keikutsertaan dalam even ini membuat saya dapat menginjakkan kaki di Candi Borobudur dan Candi Prambanan, yang merupakan tempat wisata yang bersejarah di Indonesia.

Jadi, selama kuliah di Prodi Pendidikan Biologi FKIP UKI saya sangat menikmati berbagai kegiatan yang dilakukan. Tidak ada rasa bosan selama saya mengikuti berbagai kegiatan kuliah, praktikum, kuliah lapangan, lomba, dan sebagainya. Untuk berinteraksi di lingkungan UKI pun sangat mudah, karena sivitass akademika UKI, khususnya warga Prodi Pendidikan Biologi tidak memandang asal-usul, miskin dan kaya, cantik dan jelek, semua orang sama dan saya tidak pernah merasa terkucilkan karena berasal dari desa. Dosen-dosennya pun sangat ramah dan selalu siap memberikan bimbingan. Kapanpun saya ingin bertanya, mereka selalu siap memberikan waktu, dimbingan dan arahan. Inilah yang membuat saya semakin lama semakin menikmati kuliah di Prodi Pendidikan Biologi FKIP UKI sampai saat ini dan hingga saya lulus nanti.

Pakcoy

Tulisan ini disertakan dalam  Lomba Menulis Konten VoE FKIP UKI 2018.


Identitas Penulis:

Sulastri Rina Br Munthe (1515150008)

Program Studi Pendidikan Biologi

Angkatan 2015

 

14 respons untuk ‘Kuliah di Pendidikan Biologi FKIP UKI: Semakin Dijalani Semakin Kena di Hati

Add yours

  1. Halo Sulastri,
    Dalam pengalaman Anda yang terungkap melalui tulisan ini, saya melihat kebenaran pernyataan Robert Cwiklik, seorang penulis kenamaan dari Amerika Serikat, dalam buku berjudul Albert Einstein and the Theory of Relativity, “Seandainya Einstein diberi kehidupan kedua, dia akan mengatakan bahwa cinta adalah guru terbaik, yang bermakna bahwa jika Anda menyukai sesuatu, Anda akan bersemangat untuk mempelajari atau menerjakannya. Melakukan sesuatu yang kita cintai tidak pernah terasa sulit.”
    Selamat!
    Berbahagialah Anda yang memiliki fakultas dan program studi yang membantu Anda mencintai pembelajaran yang Anda tempuh.

    Disukai oleh 2 orang

  2. Saya cukup bisa memahami apa yang kamu tulis.
    Menarik. Sesuatu hal yang dilakukan dengan rasa suka, akan membawa hasil yang memuaskan.
    Saya hanya ingin bertanya.
    Sejauh mana, anda akan memanfaatkan ilmu yang anda dapatkan untuk kesejahteraan masyarakat?

    Suka

  3. Dear Sulastri,
    Tulisan yang layak dibaca untuk adik-adik calon mahasiswa yang tertarik dengan ilmu biologi. Tetap semangat kuliah dan menulislah sebanyak-banyaknya.
    Gud luck Yah…
    Gbu

    Suka

  4. Dear lastri,
    Tulisanmu bagus dek, cocok untuk memotivasi adik-adik yang memang tertarik jurusan biologi.
    Semangat dekku.

    Suka

  5. Halo Lastri
    Cerita kamu sangat bagus untuk memotivasi orang-orang yang membaca. Semoga semangat kamu menular ke semua orang yang membaca. Semangat terus dan saya berharap pengalamanmu dapat menuntun kamu menjadi orang sukses. Tuhan memberkati

    Suka

  6. Hai lastri, memang benar ya kalau pengalaman adalah guru yang baik. Semoga pengalaman yang kamu ceritakan dapat menjadikanmu orang yang sukses dan mampu memotivasi orang-orang disekitarmu. Tuhan meberkati

    Suka

  7. Terimakasih semua untuk dukungan yang diberikan. Semoga apa yang saya ceritakan pada tulisan diatas membangun semangat kita semua.
    Tuhan memberkati kita😊

    Suka

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Blog di WordPress.com.

Atas ↑