Kuliah di Prodi Pendidikan Fisika Membuat Impian Jadi Kenyataan

David1

Sewaktu SMA, saya lebih menguasai pelajaran Matematika ketimbang Fisika. Bahkan saya pernah ikut Olimpiade Matematika tingkat kota mewakili sekolah. Ketika lulus SMA, saya mendaftar ke prodi Pendidikan Matematika di PTN yang ada di Jakarta. Mulai jalur SNMPTN, SBMPTN, sampai seleksi mandiri saya ikuti, ternyata kuliah di PTN belum rezeki saya.

Saya lalu teringat pada Universitas Kristen Indonesia (UKI) yang saya kenal lewat pameran perguruan tinggi dan pendidikan di JCC Senayan. Ternyata UKI mengasuh Prodi Pendidikan Matematika. Bersama Bapakku, saya bergegas ke UKI untuk mendaftar. Sayangnya skema biaya kuliah di Prodi Pendidikan Matematika tidak sesuai dengan kemampuan finansial keluarga saya. Sayapun mengalihkan pilihan ke Prodi Pendidikan Fisika yang skema pembiayaannya relative sesuai dengan kondisi keuangan keluargaku. Saya diterima masuk UKI memilih jalur rapor, karena nilai Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika di raporku diatas 7,5.

Kuliah di Prodi Pendidikan Fisika UKI diawali dengan kegiatan Program Pembinaan Mahasiswa Baru (PPMB). Selama program ini saya memperoleh beberapa teman baru. Kami dikenalkan dengan lingkungan UKI dan sistem pembelajaran di kampus. Saya dan teman-teman juga dilatih untuk disiplin, siap bekerja dan belajar keras dan saling menghargai. Kami juga diberi pelatihan oleh tentara dalam hal bela negara.

Setelah PPMB, saya menikmati perkuliahan pertama dengan teman-teman baru yang ramah-ramah dan bertemu dosen-dosen yang bersahabat. Tidak lama setelah perkuliahan pekan awal, saya dan teman-teman angkatan 2016 dibekali kuliah umum wawasan kebangsaan bersama Ibu Gusti Kanjeng Ratu Hemas, Wakil Ketua DPD RI.

David2Selama empat semester kuliah di Prodi Pendidikan Fisika FKIP UKI, saya tidak hanya dibekali ilmu Fisika dan Kependidikan. Saya juga dilatih belajar berorganisasi, mampu berkomunikasi secara santun kepada dosen maupun antar mahasiswa serta para karyawan yang ada di kampus. Dosen yang ada di prodiku memiliki beragam karakter. meskipun begitu, mereka semua sangat ramah dalam membimbing, tampil energik dan menghargai karya mahasiswa. Kadang ada dosen yang membimbing berdasarkan nilai-nilai Kristiani agar calon guru FKIP UKI dapat menjadi guru yang teladan seperti Yesus.

Fasilitas laboratorium Fisika pun cukup lengkap untuk memenuhi pembelajaran. Belajar Fisika tidak hanya terjadi di ruang perkulihan dan di laboratorium, namun belajar mengasah kreatifitas dalam pembuatan alat peraga serta melakukan kunjungan studi banding atau observasi di luar kampus untuk memenuhi wawasan yang seluas-luasnya tentang sains di sekitar kita.

Aktivitas yang pernah saya lakukan bersama teman-teman di luar kampus adalah melakukan kunjungan ilmiah ke Planetarium Jakarta pada tahun 2017, mengikuti ON-MIPA Tingkat Jabodetabek tahun 2017 dan 2018, Olimpiade Sains Mahasiswa Tingkat Nasional di Yogyakarta tahun 2017, Studi Banding ke Jurusan Fisika Universitas Negeri Semarang tahun 2018, serta melakukan kunjungan observasi ke Kantor Pusat BATAN di Kuningan pada akhir semester 4.

Tidak hanya itu, pengalaman yang saya alami dari mimpi menjadi kenyataan. Berkat kuliah di Prodi Pendidikan Fisika FKIP UKI, saya dapat mengenali lingkungan seluas-luasnya dan akan menjadi guru Fisika yang melayani bukan dilayani. Kita diajarkan untuk selalu bersyukur dalam hal apapun. Kuliah di Prodi Pendidikan Fisika FKIP UKI juga tidak kalah serunya dengan kuliah di PTN ataupun kampus lainnya. Malah kita bisa akrab sama prodi lain sefakultas maupun antar fakultas.

Terima kasih Prodi Pendidikan Fisika FKIP UKI. Semoga sukses dan jayalah selalu!

david3.jpg

Tulisan ini disertakan dalam  Lomba Menulis Konten VoE FKIP UKI 2018.


Identitas Penulis:

David Franklin Mandala

Pendidikan Fisika

Angkatan 2016


 

Author: fkipukijakarta

VoE (Voice of Educators) of FKIP UKI merupakan saluran berbagi berita, agenda, agenda dan ide tentang pendidikan dari sivitas akademika serta alumni FKIP UKI Jakarta.

18 thoughts on “Kuliah di Prodi Pendidikan Fisika Membuat Impian Jadi Kenyataan”

  1. Percaya diri, semangat juang seperti inilah yang harus senantiasa diwujudkan dalam setiap individu dan terus melangkah ke depan demi dirinya, lembaga, maupun bangsa dan negara.

    Liked by 1 person

  2. Mantap mas David, jangan berputar arah sebelum berhasil, selagi masih kuliah, buka relasi dengan senior maupun junior, semakin banyak teman semakin baik, dan ilmu pun akan semakin bertambah.
    >>>keep moving, start small, big think, act now.

    Salam buat GKR Hemas kalau beliau masih mengajar disana.. Beliau adalah Ratu keraton Yogyakarta. 🙏

    Liked by 3 people

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.