Prodi Bimbingan & Konseling FKIP UKI Uji Coba Instrumen Foto Karakter

[Jakarta, VoE FKIP UKI] Selama dekade terakhir, kebutuhan akan pendidikan karakter merupakan salah satu pembicaraan terhangat di Indonesia maupun dunia. Merespon kebutuhan itu, Prodi Bimbingan & Konseling FKIP UKI telah membuat sebuah instrumen baru yang didisain untuk menggambarkan kecenderungan karakter seseorang secara umum dan kebutuhan perencanaan karir secara umum. Siswa yang telah melalui sesi foto karakter akan memperoleh gambaran karakter diri. Dengan demikian dia tidak ragu-ragu lagi merencanakan karir dan masa depan.

FK1“Untuk mengukur validitas dan reliabilitas setiap butir pernyataan dalam foto karakter, tentu harus dilakukan uji coba. Salah satu kegiatan uji coba itu kami lakukan pada hari Jumat, 17 Februari 2017 di SMK Mutiara Baru Bekasi. Nantinya, sudah memenuhi tingkat validitas dan reliabilitas yang diharapkan, instrumen akan sangat membantu para konselor atau guru Bimbingan dan konseling di sekolah dalam proses menolong para siswa merencanakan karir masing-masing. Selain itu, instrumen ini juga dapat digunakan bagi para karyawan untuk memotret kepribadian dominan yang mereka miliki masing-masing, Potret tersebut akan sangat bermanfaat bagi pengembangan kinerja dan karir mereka,” papar Ronny Gunawan, M.Pd., Kaprodi Bimbingan & Konseling FKIP UKI.

FK2Evi Deliviana, M.Psi., dosen Bimbingan & Konseling FKIP UKI yang dipercaya memimpin pembuatan Instrumen Foto Karakter tersebut menjelaskan bahwa instrument ini didisain berbeda dari instrument sejenis yang ada agar dapat menghasilkan gambaran karakter seseorang sesuai dengan perkembangan kehidupan masyarakat saat ini.

“Jika penggambaran karakter yang ada secara umum didasarkan pada konsep sangunis, melankolis, flegmatis, dan kolerik, instrument yang sedang kami kembangkan ini didasarkan pada teori The Five Factor of Personality, konsep yang dikenal dengan nama OCEAN karena menggunakan 5 dimensi, Openness to experience, Conscientiousness, Extraversion, Agreeableness, dan Neuroticism,” papar Bu Evi.

FK3Salut dan respect, Prodi Bimbingan & Konseling FKIP UKI! Semoga Instrumen Foto Karakter ini dan karya-karya lainnya yang dibutuhkan masyarakat dan bangsa dapat segera diselesaikan. Selamat berkarya dan melayani.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: