Mahasiswa Prodi Kimia Belajar Langsung di Pusat Penelitian Kimia LIPI

Lipi-2[Jakarta, VoE FKIP UKI] Studi lapangan merupakan salah satu metode palin efektif dalam pembelajaran. Praktik ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melihat bagaimana pengetahuan yang telah dipelajari diterapkan dalam dunia nyata. Bersentuhan langsung dengan contoh-contoh nyata selama mengikuti studi lapangan membuat mahasiswa terlibat langsung secara fisik dengan realita di lapangan. Mahasiswa juga menyaksikan langsung bagaimana pengetahuan yang dipelajari beroperasi dalam konteks dunia kerja. Semua pengalaman tersebut membentuk pemahaman yang lebih dalam tentang subjek yang sedang dipelajari.

Unruk memfasilitasi mahasiswa dengan studi lapangan berkualitas, pada hari Rabu, 10 Mei 2017 sebanyak 23 mahasiswa dan 5 dosen pendamping Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UKI berkunjung ke Pusat Penelitian (P2) Kimia LIPI di kawasan Puspiptek Serpong-Tangerang Selatan. Tujuan utama mereka adalah untuk mengenal lebih dekat laboratorium analisa instrumen kimia yang ada di P2 Kimia tersebut.

Lipi-1“Untuk memberikan pengalaman dalam rangka membuktikan secara langsung pengetahuan atau konsep-konsep yang dipelajari di kelas, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UKI secara berkala menyelenggarakan studi lapangan sebagai salah satu bentuk pembelajaran,” papar Nova Irawati Simatupang, M.Pd. salah seorang dosen pendamping. Studi lapangan seperti ini merupakan salah satu bentuk pembelajaran yang berpusat kepada mahasiswa (Student Centered Learning/SCL) dalam Kurikulum Perguruan Tinggi berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KPT-KKNI) yang diatur melalui Peraturan Mendikbud No. 73 tahun 2013. tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang Pendidikan Tinggi, dimana dalam pelaksanaan proses),” Imbuh Bu Nova.

Dalam studi lapangan kali ini, rombongan mahasiswa diterima dengan sangat baik oleh para staff peneliti di P2 Kimia LIPI. Semua mahasiswa peserta dibagi ke dalam 5 kelompok, dan masing-masing kelompok didampingi oleh seorang dosen. Dipandu oleh seorang staff P2 Kimia LIPI, mahasiswa memasuki laboratorium analisa instrumen kimia dan diperkenalkan pada peralatan NMR, FTIR, DT/TGA, HPLC, dan GCMS, lengkap dengan cara kerja masing-masing alat. Kegiatan studi lapangan diakhiri dengan acara ramah tamah dan foto bersama.

Studi lapangan seperti memberikan peluang kepada mahasiswa untuk memperoleh pengetahuan secara langsung dan nyata, dan hal ini mengembangkan pemikiran kritis, meningkatkan rasa ingin tahu, membangun ingatan jangka panjang, serta sikap positif terhadap sains. Oleh sebab itu, program studi kami telah memprogramkan pelaksanaan kegiatan seperti ini secara berkala. Tentu kegiatan seperti ini dikombinasikan dengan berbagai aktivitas pembelajaran lain. Kami berharap bahwa mahasiswa kami benar-benar menjadi pendidik Kimia yang yang berkompetensi tinggi,” tandas Dr. Sumiyati yang saat ini dipercaya menjadi Kaprodi Pendidikan Kimia FKIP UKI.

Lipi-3

Author: fkipukijakarta

VoE (Voice of Educators) of FKIP UKI merupakan saluran berbagi berita, agenda, agenda dan ide tentang pendidikan dari sivitas akademika serta alumni FKIP UKI Jakarta.

6 thoughts on “Mahasiswa Prodi Kimia Belajar Langsung di Pusat Penelitian Kimia LIPI”

  1. Two thumbs up 👍👍❤👍👍, learning and building a good partnership with INDONESIAN INSTITUTE of SCIENCE, a such reputable research-based institute from which FKIP UKI potentially studies and cooperates many things, are prestigious.
    Well done 👍

    Liked by 3 people

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.